Sangat Mudah! Ini Dia Daftar Olahraga 5 Menit yang Bisa Dilakukan Ketika Sibuk

Sangat Mudah! Ini Dia Daftar Olahraga 5 Menit yang Bisa Dilakukan Ketika Sibuk

Olahraga teratur bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal, mencegah Anda dari berbagai risiko penyakit dan membantu tidur lebih nyenyak--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mendengar ‘olahraga lima menit’ mungkin Anda akan ragu untuk memulainya.  “Kalau cuma lima menit, memangnya cukup untuk bikin badan sehat dan bugar? Bukankah jadinya cuma buang-buang waktu saja?’ Sekarang saatnya untuk Anda mengganti pola pikir usang tersebut.
 
Idealnya, kita dianjurkan untuk olahraga setidaknya selama 30 menit setiap hari. Namun jika Anda termasuk orang yang super sibuk, mulailah “adopsi’ prinsip baru ini: selalu lebih baik untuk berolahraga sebentar namun teratur setiap hari, daripada tidak sama sekali.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Canangkan 1 Desa 1 TKA

Olahraga teratur bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal, mencegah Anda dari berbagai risiko penyakit, membantu tidur lebih nyenyak, meningkatkan energi, hingga meningkatkan mood. Sebuah penelitian dari University of Utah menunjukkan bahwa olahraga hanya satu menit setiap hari pun bisa membawa dampak positif yang nyata dalam hidup Anda.

Ada beragam jenis olahraga 5 menit yang mudah dilakukan meski kamu sangat sibuk. Apabila rutin dilakukan, olahraga ini bisa membuat tubuh sehat dan tidak mudah sakit, lho. Orang dengan usia 19–64 tahun idealnya perlu berolahraga sekitar 150 menit per minggu atau kurang lebih 22 menit setiap harinya. Hanya saja, banyak orang yang tidak dapat melakukan hal tersebut dengan alasan tidak punya waktu senggang.

BACA JUGA:Penerbangan Perdana Rute Batam-Bengkulu akan Dibuka 9 Agustus Mendatang

Padahal, dengan melakukan olahraga 5 menit setiap harinya, kamu bisa mendapat berbagai manfaat olahraga, seperti meningkatkan energi, membuat tidur lebih nyenyak, mencegah berbagai penyakit, mengurangi berat badan berlebih, dan memperbaiki mood.

Beragam Jenis Olahraga 5 Menit yang Dapat Dilakukan Sehari-hari
Ada beberapa jenis olahraga bisa kamu lakukan dalam waktu singkat, bahkan hanya sekitar 5 menit, antara lain:

1. Overhead stretch
Yuk, mulai harimu dengan olahraga singkat di tempat tidur. Caranya cukup tidur telentang dengan kaki lurus, rentangkan tangan di atas kepala, dan regangkan tubuh mulai dari ujung jari kaki. Sambil meregangkan tubuh, ambil napas sebanyak 3–4 kali. Usahakan untuk melakukan gerakan ini sesantai mungkin, ya. Dengan begitu, kamu akan bangun dengan segar dan tentunya menjadikan mood-mu makin baik.

BACA JUGA:Komitmen Pendidikan: Bupati Mukomuko Distribusikan Ribuan Seragam Gratis

2. Olahraga Tabata
Ingin mendapatkan berat badan dan tubuh yang ideal? Olahraga yang satu ini patut kamu coba. Olahraga Tabata memiliki rangkaian gerakan berupa push up, burpees, dan jalan di tempat. Olahraga ini bisa kamu lakukan ketika bangun tidur, dan setiap gerakannya cukup kamu lakukan selama 20 detik, kok.

3. Jalan kaki
Jalan kaki memang kelihatannya sederhana, tapi ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Jalan kaki bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung, dan menguatkan tulang. Untuk melakukan olahraga ringan ini di sela-sela kesibukan, kamu bisa mencoba untuk naik tangga dibandingkan naik lift saat di kantor. Agar lebih menyenangkan, kamu bisa melakukannya sambil mendengarkan musik favorit.

BACA JUGA:DPRD Mukomuko Percepat Penyelesaian Pansus Raperda Pertanggungjawaban dan RPJPD 2024-2045

4. Lompat di tempat
Menunggu makan siang datang bisa jadi hal yang membosankan. Nah, untuk mengisi waktu luang ini, kamu bisa melakukan gerakan ringan selama 5 menit yang dapat membantu tubuh bugar, seperti lompat di tempat.

5. Squat
Olahraga 5 menit berikutnya yang bisa kamu lakukan dengan mudah adalah squat. Olahraga ini terlihat sederhana, tetapi memiliki banyak manfaat, yakni melatih kekuatan otot, memperkuat tulang, serta mengurangi risiko terkena nyeri punggung bagian bawah. Squat sangat cocok dilakukan oleh pekerja yang menghabiskan waktu dengan duduk terlalu lama.

BACA JUGA:Bisa Dicoba! Minyak Cendana Efektif Atasi Rasa Cemas

Kamu bisa memilih jenis olahraga 5 menit di atas yang sesuai dengan minatmu. Namun, pastikan kamu melakukannya secara rutin agar hasil yang didapat bisa lebih maksimal, ya. Apabila kamu memiliki kondisi medis tertentu, terutama yang membatasi gerakanmu, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter meski olahraga yang akan dilakukan tergolong ringan atau singkat seperti olahraga 5 menit. Yuk, semangat untuk berolahraga!(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: