Mana Lebih Baik? Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga

Mana Lebih Baik? Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga

Manfaat makan setelah olahraga lainnya adalah dapat mengatasi nyeri otot dan keluhan lainnya setelah berolahraga.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Agar tetap sehat, kamu membutuhkan asupan nutrisi dan berolahraga secara teratur. Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga penting. Kebutuhan cairan dan nutrisi dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Namun, ada satu pertanyaan umum yang sering muncul, yaitu lebih baik makan sebelum atau sesudah olahraga? Apa manfaat makan sebelum atau sesudah olahraga? Yuk, simak terus penjelasannya berikut.

BACA JUGA:Hobi Mukbang Tteokbokki dan Gagal Diet, Ini Jumlah Kalorinya

Lebih baik makan sebelum atau sesudah olahraga?

Sebuah penelitian menyatakan bahwa respons tubuh terhadap olahraga bisa berbeda, tergantung pada apakah kamu sudah makan atau belum. Sebuah analisis menemukan bahwa kinerja tubuh lebih baik saat makanan dikonsumsi sebelum melakukan olahraga jangka panjang atau lebih dari satu jam. Makan sebelum olahraga biasanya dilakukan oleh atlet dan mereka yang berolahraga jangka panjang.

Namun, bagi sebagian orang, makan sesudah olahraga mungkin membuat lesu atau mual. Sebagian lagi merasa lemah dan lelah jika belum makan. Sebagian besar ilmuwan berpendapat bahwa makan setelah berolahraga dapat bermanfaat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan nutrisi, terutama karbohidrat dan protein dapat membantu tubuh pulih setelah olahraga.

Lantas, lebih baik makan sebelum atau sesudah olahraga? Berdasarkan Cleveland Clinic, jawabannya adalah melakukan keduanya. Kamu memiliki kebebasan untuk memilih apakah akan makan sebelum olahraga, setelah olahraga, atau keduanya. Jika kamu memilih untuk tidak makan sebelum olahraga, segeralah makan setelah berolahraga. Mengonsumsi protein dapat memperbaiki otot dan jaringan lain. Karbohidrat juga bisa memulihkan glikogen. Hal ini bergantung pada kondisi, kenyamanan, dan intensitas dalam melakukan olahraga.

BACA JUGA:Jenis Teh Tanpa Kandungan Kafein yang Bisa Anda Konsumsi

Manfaat makan sebelum olahraga

Jika hendak berkendara, namun bahan bakar habis, kamu pasti langsung mengisinya terlebih dulu, bukan? Prinsipnya juga sama saat kamu mempersiapkan tubuh untuk berolahraga. Berikut ini adalah beberapa manfaat makan sebelum olahraga.

Memberikan energi untuk tubuh

Makan sebelum olahraga dapat memberi energi pada tubuh untuk menjalankan olahraga tersebut. Sehingga, kamu bisa berolahraga dengan intensitas yang lebih tinggi.

Memperkuat otot

Makan makanan yang mengandung protein sebelum olahraga juga efektif untuk menumbuhkan dan memperkuat otot. Pastikan kamu makan dalam jumlah yang cukup sebelum berolah raga.

BACA JUGA:Waktu Terbaik untuk Tidur Malam, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini Sebelum Tidur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: