Sering Diolah Sebagai Sajian Lezat, Inilah 8 Manfaat Keong Sawah untuk Kesehatan

Sering Diolah Sebagai Sajian Lezat, Inilah 8 Manfaat Keong Sawah untuk Kesehatan

Keong sawah atau yang sering dikenal dengan sebutan tutut adalah jenis siput air yang bisa diolah menjadi berbagai sajian makanan yang lezat dan juga enak. -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkah kamu mengonsumsi keong sawah? keong sawah atau yang sering dikenal dengan sebutan tutut adalah jenis siput air yang bisa diolah menjadi berbagai sajian makanan yang lezat dan juga enak. 

Hewan yang nama ilmiah Pila ampullacea ini memiliki beragam manfaat untuk menjaga kesehatan. Keong sawah banyak ditemukan di perairan tawar di negara-negara beriklim tropis dan sering bermunculan terutama di musim hujan.

Keong sawah memiliki ukuran yang lebih kecil daripada bekicot dan umumnya dapat diolah menjadi masakan yang lezat. Selain enak, ternyata keong sawah memiliki beberapa kandungan zat gizi bermanfaat utnuk tubuh. 

Tak heran banyak orang mengolah keong sawah sebagai lauk-pauk karena mudah didapat, murah, dan memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Ada beberapa manfaat keong sawah yang perlu diketahui. Berikut ulasan yang bisa disimak. 

BACA JUGA:Khodam Penglaris Paling Kuat Menarik Pembeli

Keong sawah yang kaya nutrisi ini diyakini bermanfaat menjaga sistem imun hingga meningkatkan kepadatan tulang. Berikut ini sejumlah manfaat tutut yang sayang jika dilewatkan.

1. Memelihara daya tahan tubuh

Manfaat keong sawah yang pertama adalah dapat memelihara daya tahan tubuh. Keong sawah mengandung vitamin A, B, dan C dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda jadi tidak gampang sakit.

Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, vitamin C bermanfaat mendorong produksi sel darah putih penghasil antibodi.

Selain itu, vitamin ini berperan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas yang berkontribusi pada munculnya berbagai penyakit.

BACA JUGA:Paraben dalam Kosmetik yang Dianggap Berbahaya! Ini Faktanya

Terlebih, saat musim hujan tiba, bakteri atau virus penyebab penyakit pun lebih cepat menular.

2. Bantu penuhi kebutuhan protein

Keong sawah dapat menjadi alternatif sumber protein hewani yang baik dan rendah lemak untuk menambah kebutuhan protein pada tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: