Hindari Risiko Kerusakan, Ini Dia 5 Cara dan Langkah-langkah Mengisi Freon AC dengan Benar

Hindari Risiko Kerusakan, Ini Dia 5 Cara dan Langkah-langkah Mengisi Freon AC dengan Benar

Cara mengisi freon AC pada mobil dengan benar -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mengisi freon pada sistem AC mobil adalah proses yang bisa dilakukan sendiri dengan alat yang tepat dan pemahaman dasar tentang sistem AC mobil

Namun, penting untuk Anda ingat bahwa penanganan freon membutuhkan kehati-hatian dan kepatuhan terhadap aturan lingkungan. Sebernarnya, cara mengisi freon AC mobil cukup mudah. 

Meskipun demikian, terdapat beberapa persiapan yang wajib dilakukan agar AC tidak berisiko mengalami kerusakan. Yuk simak, beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengisi freon mobil dengan benar.  

Nah untuk penggantian atau pengisian freon termasuk dari service berat. Berikut adalah cara mengisi freon AC mobil yang bisa Anda lakukan.

BACA JUGA:Perlu Diperhatikan, Simak 7 Tanda Rem Mobil Harus Diganti

1. Periksa tekanan freon AC mobil

Langkah pertama adalah memeriksa tekanan freon AC mobil menggunakan sebuah alat bernama manifold gauge. Pasang beberapa selang yang ada pada alat tersebut ke portnya masing-masing.

Apabila saat dilakukan pengujian tekanan menunjukkan angka 160-250 psi, maka tekanan freon terhitung terhitung tinggi. Namun jika angka 15-40 psi maka tekanan freon AC terhitung rendah.

2. Kosongkan sistem AC mobil

Langkah kedua yang harus Anda lakukan sebelum pengisian ulang adalah mengosongkan freon lama terlebih dulu. Kenapa begitu? Hal ini harus dilakukan karena sisa freon lama yang bercampur dengan freon baru dapat menimbulkan masalah pada kinerja AC.

Anda bisa pasang manifold gaude dengan cara menutup kedua katup yaitu tekanan tinggi dan tekanan rendah menggunakan selang.

BACA JUGA:Tips Menghilangkan Bau AC Mobil dengan Efektif dan Penyebabnya!

Untuk selang berwarna merah ke nipel tekanan tinggi, selang biru ke nipel tekanan rendah, sedangkan selang warna kuning ke pompa vakum.

Nyalakan pompa vakum. Buka katup tekanan rendah dan tekanan tinggi di manifold gauge. Tunggu beberapa saat untuk memastikan bahwa sudah tidak ada lagi freon AC yang tersisa dan jarum pada manometer tekanan rendah menunjukkan pada tekanan -30 Psi atau -76 kg/cm2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: