Simak 9 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi untuk Penderita Diabetes

Simak 9 Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi untuk Penderita Diabetes

Cara menurunkan gula darah untuk penderita diabetes-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi penderita diabetes, menjaga dan mengontrol gula darah menjadi salah satu yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Jika penderita diabetes memiliki kondisi gula darah tinggi bila tidak segera ditangani, dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh, kondisi koma, bahkan dapat menyebabkan kematian. 

Oleh karena itu, menjaga gula darah tetap terkontrol merupakan hal yang penting bagi kesehatan, terutama bagi penderita diabetes.

Saat ini ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan mengontrol gula darah agar tidak tinggi. Bagaimana cara? Yuk, simak beberapa caranya pada ulasan di bawah ini. 

BACA JUGA:Ternyata Ngantuk Setelah Makan Bukan Karena Kenyang, dr Zaidul Akbar: Karena Kekurangan Ini

Sebelum mengetahui bagaimana cara menurukan gula darah yang tinggi, Anda perlu mengetahui jika kadar gula darah tinggi, disebut juga sebagai hiperglikemia, merupakan kondisi yang biasa dijumpai pada orang yang menderita diabetes dan memiliki gangguan pada hormon insulin.

Dimana kadar gula darah tinggi atau kondisi hiperglikemia yang ditunjukkan oleh tes gula darah sewaktu (GDS) adalah di atas 200 mg/dl. Berbeda dengan kondisi gula darah normal yang berada pada kisaran di bawah 200 mg/dl. 

Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut beberapa cara menurunkan gula darah tinggi secara alami yang dapat Anda terapkan:

1. Kurangi Asupan Gula

Salah satu kunci utama untuk menurunkan gula darah adalah dengan mengurangi asuoan gula. Kadar gula darah tinggi terjadi akibat berlebihnya asupan gula dari makanan yang Anda konsumsi. 

BACA JUGA:Simak 8 Cara Mengatasi Susah BAB pada Anak, Tanpa Obat

Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika Anda mulai mengurangi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula.

Selain itu, Anda juga dapat mengganti gula biasa dengan pemanis rendah kalori dan mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga gula darah dalam tubuh tetap terkontrol.

2. Mengurangi Asupan Karbohidrat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: