Ini Dia Jenis Minuman Tradisional Indonesia dan Manfaatnya untuk Tubuh

Ini Dia Jenis Minuman Tradisional Indonesia dan Manfaatnya untuk Tubuh

Beragam jenis minuman tradisional yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, sebenarnya proses pengolahannya tidak jauh dari seduhan rempah dan tanaman herbal.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Indonesia tak hanya terkenal kaya akan aneka makanan khas yang lezat, tetapi juga keragaman minuman tradisional yang diketahui baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai nutrisi dan zat yang terkandung di dalamnya juga telah lama dipercaya berkhasiat untuk membantu mengobati berbagai penyakit.

Meski ada beragam jenis minuman tradisional yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, sebenarnya proses pengolahannya tidak jauh dari seduhan rempah dan tanaman herba. Bahan-bahan inilah yang membuat minuman tradisional kaya akan manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat utama minuman tradisional adalah meningkatkan imunitas tubuh. Itulah sebabnya mengapa minuman tradisional baik dikonsumsi secara rutin.

BACA JUGA:Memetik Khasiat Bunga Melati yang Tidak Bisa Dianggap Remeh

Berbagai Minuman Tradisional Indonesia dan Manfaatnya
Berikut ini adalah beberapa jenis minuman tradisional Indonesia beserta manfaatnya:

1. Bandrek
Bandrek merupakan minuman tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari jahe dan gula merah. Untuk membuat rasanya menjadi lebih nikmat, minuman ini biasanya juga ditambahkan campuran serai, susu, dan kelapa muda. Saat menikmati bandrek, badan Anda akan terasa hangat karena efek dari jahe. Selain dapat meningkatkan imunitas tubuh, jahe pada bandrek juga bermanfaat untuk meredakan paradangan dan membantu meringankan gejala flu, batuk, pusing, demam, mual dan muntah, bahkan nyeri sendi.

2. Bajigur
Bajigur juga merupakan minuman tradisional asal Jawa Barat yang tak kalah nikmat dari bandrek. Bajigur memiliki rasa gurih manis karena berbahan dasar gula aren dan santan. Dalam penyajiannya, bajigur sering kali ditambahkan kolang-kaling, jahe, dan kayu manis.

BACA JUGA:Orang-orang yang Dilindungi Khodam Pengasihan, Simak Selengkapnya

Meski memiliki rasa yang manis, mengonsumsi bajigur tidak membuat kadar gula darah cepat naik, lho. Hal ini karena gula aren memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, sehingga kadar gula darah bisa tetap stabil. Tak hanya itu, beragam nutrisi dan zat yang terkandung dalam gula aren, jahe, dan kayu manis pada bajigur juga membuat minuman ini baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sistem pencernaan, serta mengendalikan tekanan darah dan kadar gula darah.

3. Beras Kencur
Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Beras Kencur. Ya, minuman yang satu ini memang mudah ditemukan di banyak daerah di Indonesia dalam bentuk jamu. Meski berbahan dasar beras dan rimpang kencur, minuman ini juga diracik menggunakan berbagai bahan lainnya, seperti asam jawa atau jahe, gula merah, dan daun pandan. Secara turun-temurun, jamu Beras Kencur telah digunakan untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari demam, sakit kepala, nyeri sendi, sakit perut, pilek, dan nyeri dada. Tak hanya itu, tingginya kandungan antioksidan dalam kencur juga bermanfaat untuk menangkal kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

BACA JUGA:Ini Dia Bahaya Aborsi bagi Kesehatan Tubuh

4. Sari temulawak
Temulawak merupakan salah satu tanaman herba khas Indonesia yang sering kali digunakan sebagai jamu. Tumbuhan herbal ini mengandung beragam nutrisi dan zat yang memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan antioksidan, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Beberapa riset menunjukkan bahwa jamu Sari temulawak memiliki manfaat, mulai dari mengobati sakit kepala, sakit perut, perut kembung, sembelit, radang sendi, dan sariawan, hingga meningkatkan imunitas tubuh serta nafsu makan.

5. Wedang Uwuh
Wedang uwuh adalah minuman tradisional khas tanah Jawa yang memiliki aneka ragam nutrisi di dalamnya. Hal ini karena wedang uwuh terbuat dari campuran berbagai rempah, mulai dari potongan jahe, kayu secang, kulit kayu manis, biji pala, hingga minyak sereh.

BACA JUGA:Saat Terjadi Bencana, Amalkan Doa-doa Berikut, Agar Selamat dan Tabah Menghadapinya

Wedang uwuh memang telah lama dikenal khasiatnya dalam meredakan gejala flu, seperti pilek, batuk, demam, meriang, dan sakit kepala. Tidak hanya itu, ada juga manfaat konsumsi wedang uwuh lainnya yang tak kalah penting, seperti melegakan sakit tenggorokan, meringankan rasa mual, serta meredakan nyeri otot dan sendi.

Sebenarnya masih banyak lagi minuman tradisional Indonesia yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti teh talua khas Sumatera Barat, bir pletok khas Betawi, dan sarabba khas Makassar. Untuk mencicipi minuman tradisional di atas, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti tips atau cara pembuatan yang sudah banyak tersedia di media TV dan media digital .

Jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki waktu untuk membuat minuman tradisional sendiri, kini sudah ada beberapa produk minuman tradisional dengan rasa yang lebih nikmat dan tidak pahit. Produk minuman tersebut dikemas dalam bentuk yang praktis, seperti kemasan sachet, sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

BACA JUGA:Gubernur Bengkulu Soroti Indikator Kemiskinan Hingga Tingkat Hunian Hotel di Bengkulu

Namun, supaya aman, pastikan produk minuman tradisional kemasan yang Anda beli sudah terdaftar di BPOM. Agar kesehatan tubuh selalu terjaga dan tidak mudah sakit, konsumsi minuman tradisional perlu disertai dengan pola hidup sehat, seperti olahraga secara rutin, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, serta istirahat yang cukup.

Meski ada beragam manfaat minuman tradisional bagi kesehatan, perlu diingat bahwa minuman ini bukanlah pengganti obat untuk mengatasi penyakit tertentu. Apa pun gejala gangguan kesehatan yang sedang Anda alami, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapat pemeriksaan dan penanganan yang tepat.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: