Berdasarkan Hadist Nabi SAW, Berikut 10 Penyebab Wanita Mendominasi Penghuni Neraka

Berdasarkan Hadist Nabi SAW, Berikut 10 Penyebab Wanita Mendominasi Penghuni Neraka

Penyebab-penyebab wanita mendominasi penghuni neraka-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Terdapat banyak alasan yang dijelaskan dalam hadits Nabi SAW mengenai mengapa kaum wanita mendominasi penghuni neraka.

Mengapa demikian? Berikut penjelasannya! Imam Qurthubi rahimahullah dalam kitab 'Jahannam Ahwaluha wa Ahluha dan Adz Tadzkirah' menjelaskan bahwa:

"Penyebab banyaknya kaum wanita menjadi penghuni neraka , adalah hawa nafsu yang mendominasi pada diri mereka, kecondongan mereka kepada kesenangan-kesenangan dunia, dan berpaling dari akhirat karena kurangnya akal mereka dan mudahnya mereka tertipu dengan kesenangan-kesenangan dunia yang menyebabkan mereka lemah untuk beramal,".

BACA JUGA:6 Penyebab Seseorang yang Kekal di Neraka, Salah Satunya Banyak Dilakukan Saat Ini

BACA JUGA:Ternyata Anak Bisa Sebabkan Orang Tua Masuk Neraka, Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Imam Qurthubi juga menambahkan bahwa wanita sering menjadi penyebab utama yang membuat laki-laki berpaling dari akhirat karena hawa nafsu yang ada dalam diri mereka.

Kebanyakan dari mereka cenderung memalingkan diri mereka sendiri dan orang lain dari akhirat, mudah terperdaya oleh ajakan untuk menyimpang dari agama, dan sulit menerima ajakan menuju kehidupan akhirat.

Dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Lensa Asjawa dijelaskan terkait penyebab wanita mendominasi penghuni neraka berdasarkan hadits-hadits Rasulullah SAW.

Adapun sebab-sebab wanita mendominasi jadi penghuni neraka tersebut adalah:

1. Tak Mensyukuri Pemberian Suami

Disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Said Al-Khudri, ia berkata:

"Rasulullah keluar saat Idul Adha atau Idul Fitri dan melewati para wanita, kemudian bersabda, ‘Wahai para wanita, keluarkanlah sedekah karena aku diperlihatkan bahwa kebanyakan penghuni neraka adalah dari kalangan kalian.’ Mereka (para wanita) bertanya. Mengapa (demikian) wahai Rasulullah?’ Beliau bersabda, ‘Kalian sering mengumpat dan mengingkari pemberian suami. Aku tidak melihat (orang) yang kurang akal dan agama dari kalangan kalian yang bisa mengalahkan laki-laki yang cerdas’," (HR Al Bukhari).

2. Sering Mengumpat

Nabi juga menyebutkan bahwa mengumpat adalah salah satu sifat yang menyebabkan perempuan masuk neraka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: