Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 10 Manfaat Daun Kencur untuk Kesehatan

Sayang Untuk Dilewatkan, Inilah 10 Manfaat Daun Kencur untuk Kesehatan

Manfaat daun kencur untuk kesehatan -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selain di manfaatkan sebagai tambahan bumbu pada masakan, daun kencur juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh yang sayang untuk di lewatkan. 

Ada banyak manfaat daun kencur untuk kesehatan tubuh yang luar biasa dan menarik diketahui. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan informasi mengenai manfaat daun kencur yang bisa diperoleh jika dikonsumsi dengan cara dan pengolahan yang tepat. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Daun kencur (Kaempferia galanga) adalah tumbuhan yang telah lama dikenal dan digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai bagian dunia, terutama di Asia Tenggara. 

Daun ini memiliki aroma harum dan rasanya yang khas, serta dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut berbagai manfaat daun kencur untuk kesehatan yang dilansir dari laman kontan.co.id:

BACA JUGA:Tak Hanya Sebagai Sumber Energi, Inilah 6 Manfaat Jagung untuk Kesehatan

1. Antiinflamasi dan Antioksidan

Daun kencur mengandung senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan melawan radikal bebas. Kandungan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Kencur memiliki sifat pencernaan yang baik. Senyawa-senyawa aktif dalam daun kencur dapat merangsang produksi enzim pencernaan, membantu mempercepat proses pencernaan makanan, dan mencegah gangguan pencernaan seperti perut kembung dan sembelit.

3. Menurunkan Demam

Kencur telah lama digunakan sebagai ramuan tradisional untuk menurunkan demam. Senyawa-senyawa dalam kencur dapat membantu menstabilkan suhu tubuh dan meredakan gejala demam.

BACA JUGA:Memelihara Tulang dan Persendian, Inilah 7 Manfaat Sumsum Tulang Sapi Untuk Kesehatan

4. Menjaga Keseimbangan Hormon

Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak kencur dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, terutama pada wanita. Ini dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah hormon seperti sindrom pramenstruasi (PMS) atau gangguan hormonal lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: