Inilah 6 Bahan Pengganti Mentega yang Lebih Bernutrisi dan Baik Untuk Kesehatan

Inilah 6 Bahan Pengganti Mentega yang Lebih Bernutrisi dan Baik Untuk Kesehatan

Bahan pengganti mentega yang lebih sehat -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penggunaan mentega sebagai pengganti minyak sudah sangat umum di lakukan mengingat penggunaan minyak memiliki efek samping untuk kesehatan. 

Margarin dan mentega merupakan bahan yang populer digunakan masyarakat sebagai olesan pada roti dan membuat kue atau kukis. Mentega memberikan rasa gurih dan tekstur yang lembut pada makanan.

Akan tetapi tidak semua orang bisa mengonsumsi mentega karena berbagai alasan, seperti alergi susu dan intoleransi laktosa. Anda mungkin ingin menghindari mentega karena tinggi akan lemak jenuh. 

Asupan lemak jenuh yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, kolesterol, dan penyakit kardiovaskular lainnya. 

Jika ingin mengurangi atau menghindari asupan mentega, tetapi ingin rasa dan tekstur masakan tetap gurih dan creamy, Anda bisa menggunakan bahan pengganti berikut ini.

BACA JUGA:Jangan Biarkan Anak Anak Terlalu Banyak Minum Susu, Ini Risikonya!

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat dijadikan bahan pengganti mentega dengan perbandingan 1 gram minyak kelapa untuk 1 gram mentega. 

Mengganti mentega dengan minyak kelapa dapat membuat sajian kue menjadi lebih sehat. Pasalnya, minyak kelapa mengandung lemak baik, dibandingkan mentega yang cenderung mengandung lemak jenuh dan lemak trans lebih banyak.

Namun, rasa kue yang dibuat dengan minyak kelapa mungkin agak berbeda. Seberapa besar perubahan rasa ini tergantung dari jenis minyak kelapa yang digunakan.

2. Minyak zaitun

Tak hanya minyak kelapa, minyak zaitun juga bisa Anda gunakan sebagai pengganti mentega. Untuk 1 cangkir mentega, Anda bisa menggantinya dengan minyak zaitun sebanyak ¾ cangkir.

Ini merupakan cara yang baik untuk mengurangi kandungan lemak jenuh, kolesterol, dan natrium yang biasanya ada dalam mentega.

Namun, minyak zaitun bukan pengganti yang tepat untuk resep kue yang membutuhkan lemak padat atau yang membutuhkan krim, seperti frosting cake.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: