Ini Dia 5 Tips Membangunkan Anak di Pagi Hari, Tanpa Rewel

Ini Dia 5 Tips Membangunkan Anak di Pagi Hari, Tanpa Rewel

Ilustrasi - Tips membangunkan anak di pagi hari -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jika Anak sudah memasuki usia sekolah, sebagai orang tua kita perlu melatih anak agar terbiasa bangun di pagi hari tanpa membuat anak menangis setiap di bangunkan. 

Membangunkan anak di pagi hari memang bisa jadi momen yang menguji kesabaran. Jika kita sudah melakukan segala cara, tapi tidak ada yang mempan untuk Membangunkan anak untuk siap-siap ke sekolah, Anda bisa menerapkan sejumlah tips yang akan di ulas pada artikel ini. 

Apa saja tips yang bisa Anda terapkan untuk anak di rumah? Yuk, simak sejumlah tips membangunkan anak di pagi hari tanpa rewel. 

Sulit bangun di pagi hari sangat umum terjadi pada anak-anak usia sekolah. Alasannya bisa saja karena mereka memang masih mengantuk atau mereka belum terbiasa untuk bangun pagi.

Sebenarnya, jadwal bangun di pagi hari bisa dibiasakan, bahkan nantinya anak bisa bangun sendiri tanpa bantuan Bunda. Agar anak terbiasa bangun di pagi hari, lakukanlah tips di bawah ini:

BACA JUGA:Olahraga yang Aman bagi Penderita Nyeri Sendi Lutut

1. Disiplinkan waktu tidur setiap hari

Rutinitas tidur yang teratur membantu mengatur ritme sirkadian anak Anda, sehingga mereka terbiasa tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini termasuk waktu tidur dan bangun yang konsisten, bahkan di akhir pekan. Berikut adalah kebutuhan tidur anak berdasarkan usia:

  • Usia 3–5 tahun: 10–13 jam
  • Usia 5–13 tahun: 9–11 jam
  • Usia di atas 13 tahun: 8–10 jam

Nah, agar anak mudah dibangunkan di pagi hari, terapkan kebiasaan sehat sebelum tidur dan ajak ia untuk tidur lebih awal. Bila kebutuhan tidurnya 10 jam, Bunda bisa mengajaknya tidur pada pukul 8 malam dan membangunkannya pada pukul 6 pagi. Jadwal ini harus diterapkan setiap hari, meskipun sedang libur, sampai Si Kecil terbiasa.

BACA JUGA:Punya Keringat Berlebih, Kenali Jenis dan Penanganannya

8. Membatasi penggunaan perangkat elektronik di malam hari

Sebagai orang tua mungkin kita tahu rasanya sulit untuk tertidur ketika tidak lelah, dan itu pasti sama untuk anak-anak. Ketika mulai mengatur waktu tidur anak lebih awal, seringkali aturan yang dibuat hanyalah berada di tempat tidur pada waktu tertentu. 

Namun jika anak masih tidak lelah, selain membaca buku, ia juga bisa main gadget. Hal inilah yang bisa membuat anak sulit tidur di malam hari dan sulit dibangunkan di pagi harinya. 

Layar di gadget memiliki konsentrasi cahaya biru yang lebih tinggi daripada cahaya lainnya. Cahaya biru diketahui mengurangi kadar melatonin, hormon yang menyebabkan anak tertidur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: