5 Tips Lari untuk Pemula agar Tubuh Tidak Cepat Lelah, Kuncinya Niat dan Konsisten

5 Tips Lari untuk Pemula agar Tubuh Tidak Cepat Lelah, Kuncinya Niat dan Konsisten

Ilustrasi - Tips lari untuk pemula -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu olahraga menyenangkan yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar adalah olahraga lari. olahraga lari sering kali jadi pilihan bagi para pemula untuk beraktivitas fisik. 

Meski terdengar mudah, lari memerlukan lebih dari sekadar niat, terutama jika Anda tidak terbiasa berolahraga. Oleh karena itu, Artikel ini akan memberikan tips seputar lari untuk pemula agar tubuh tidak cepat lelah saat berlari. Yuk, simak pada ulasan di bawah ini. 

Ada berbagai alasan kenapa seseorang mulai berolahraga, entah itu karena ajakan teman atau karena manfaatnya, seperti menurunkan berat badan hingga mencegah risiko penyakit jantung.

Nah, salah satu aktivitas olahraga yang terbilang mudah dan murah untuk Anda lakukan adalah lari.

Berlari bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja, sekaligus efektif untuk membakar lemak daripada olahraga lainnya. Meskipun tidak memerlukan banyak perlengkapan khusus, Anda perlu memperhatikan beberapa tips lari untuk pemula berikut ini.

BACA JUGA:Ini Dia Tanda-tanda Kamu Sudah Siap Punya Anak

1. Mengatur rencana latihan lari

Tips lari untuk pemula adalah merancang strategi atau rencana latihan. Tidak semua orang merencanakan program lari. Padahal, memiliki rencana terperinci sangat bermanfaat.

Hal ini bisa memantau jarak tempuh dan kecepatan berlari, sehingga kemudian Anda bisa meningkatkan waktu latihan secara bertahap untuk membangun kekuatan tubuh. Rencana latihan memberikan rasa pencapaian yang akan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Tak hanya jarak tempuh dan durasi, tetapi juga merencanakan waktu, frekuensi, serta asupan makanan sebelum dan setelah olahraga.

Bagi pemula, mulailah berlari dengan durasi 20 – 30 menit sebanyak 2 – 4 kali dalam seminggu. Jika terasa sulit, Anda bisa menguranginya menjadi 15 menit dan tambah durasi sekitar 5 – 10 menit pada jadwal lari selanjutnya.

BACA JUGA:Ini Dia Jenis Obat Vertigo Herbal yang Bisa Dicoba!

2. Mengecek kondisi kesehatan

Jika Anda sudah lama tidak aktif dalam melakukan olahraga, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mulai lari untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: