Simak 5 Cara Menjaga Membersihkan Vagina Dengan Benar

Simak 5 Cara Menjaga Membersihkan Vagina Dengan Benar

Cara membersihkan vagina-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagai seorang wanita penting untuk menjaga area kewanitaan agar tampak bersih dan bersinar. Namun dalam merawat area kewanitaan tidak boleh dilakukan sembarangan. 

Tak sedikit wanita yang melakukan kesalahan dalam membersihkan vagina. Misal, dengan sembarangan menggunakan produk-produk pembersih yang justru dapat memicu peradangan dan mengubah pH vagina yang semestinya.

Agar kesehatan vagina selalu terjaga, ketahuilah bagaimana cara membersihkan vagina yang benar berikut ini: 

1. Perhatikan Vagina yang ingin di bersihkan 

Area vagina memiliki mekanisme untuk membersihkan dirinya sendiri. Karena itu, Anda tidak disarankan untuk mencuci bagian dalam atau liang vagina. 

Meski demikian, Anda tetap perlu membersihkan bagian luar vagina atau vulva. Jika Anda mencuci bagian dalam vagina, hal ini diketahui dapat menyebabkan banyak masalah. 

BACA JUGA:Wanita Harus Tahu, Inilah 7 Perbedaan Darah Haid dan Darah Awal Kehamilan

2. Gunakan air mengalir

Jika ingin membersihkana area vagina, sebaiknya Anda membersihkannya dengan air yang mengalir. Cara membersihkan vagina yang pertama adalah membasuhnya menggunakan air yang mengalir dengan tangan. 

Setelah itu, Anda juga jangan lupa mengeringkan area vagina. Anda bisa lap area vagina menggunakan handuk atau tisu hingga benar-benar kering agar tidak lembap.

3. Jangan Asal Menggunakan Sabun

Dalam membersihkan vagina, cara yang penting diketahui adalah hindari penggunaan sabun. Vagina memiliki banyak bakteri “baik” yang membantu menjaga pH tetap seimbang dan ideal, yaitu sedikit asam.

Tingkat keasaman vagina berkisar antara 3,8-4,5. Kondisi ini dapat membuat bakteri “jahat” menjadi sulit untuk menginfeksi vagina. 

Produk pembersih kimia seperti sabun, spray, atau gel untuk membersihkan vagina akan mengganggu keseimbangan bakteri yang ada. Hal ini dapat menyebabkan infeksi bakteri, infeksi jamur, dan masalah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: