Simak 7 Risiko Masalah Kesehatan Akibat Sering Konsumsi Telur Mentah

Simak 7 Risiko Masalah Kesehatan Akibat Sering Konsumsi Telur Mentah

Bahaya makan telur mentah -Pinterest -

BACA JUGA:Inilah 10 Penyebab Kulit Wajah Suka Memerah

6. Gangguan Penyerapan Biotin (Vitamin B7)

Kuning telur adalah sumber biotin yang baik. Biotin penting untuk berbagai fungsi tubuh, khususnya di masa kehamilan.

Sayangnya, ketika Anda makan telur mentah, zat avidin yang ada di telur mentah berisiko menyebabkan biotin dalam kuning telur tidak bisa diserap.

Proses pemasakan akan merusak avidin sehingga kondisi di atas tidak akan terjadi ketika mengonsumsi telur yang sudah matang. Untuk itu, sebaiknya hindari makan telur mentah agar bisa memperoleh asupan biotin dari kuning telur.

7. Gangguan saluran pernafasan

Gangguan kesehatan selanjutnya yang dapat disebabkan karena bahaya telur mentah adalah terjadinya gangguan pada saluran pernafasan seperti batuk maupun wheezing. Hal ini di duga karena kandungan ovomucoid yang terdapat dalam telur mentah. 

Untuk menghindari gangguan ini, para pakar kesehatan sangat menyarankan agar tidak memberikan putih telur, apalagi dalam keadaaan yang masih mentah pada bayi maupun orang-orang yang berpotensi pada alergi. 

Selain itu, sebaiknya membiasakan diri dan keluarga untuk selalu mengkonsumsi telur dalam keadaan yang telah matang, karena dengan memasak terlebih dahulu produk telur dapat menghancurkan efektivitas dari ovomucoid tersebut.

BACA JUGA:Bisa Mencegah Stres dan Gangguan Kecemasan, Berikut 8 Manfaat Minyak Nilam untuk Kesehatan

Demikianlah serangkaian informasi mengenai risiko kesehatan akibat seringnya mengonsumsi telur mentah. Ternyata, dampaknya bisa mengenai berbagai aspek kesehatan, mulai dari penularan infeksi hingga gangguan penyerapan nutrisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: