Mengenal 5 Manfaat Berjemur di Pagi Hari, Cara Simple Membentuk Daya Tahan Tubuh

Mengenal 5 Manfaat Berjemur di Pagi Hari, Cara Simple Membentuk Daya Tahan Tubuh

Berjemur di pagi hari merupakan cara paling simpel untuk membentuk daya tahan tubuh.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Berjemur di pagi hari merupakan cara paling simpel untuk membentuk daya tahan tubuh. Dikenal sebagai daerah tropus Indonesia memiliki paparan sinar matahari yang melimpah sepanjang tahun.

Oleh karena itu, sebagian orang Indonesia mempunyai kebiasaan rutin berjemur dipagi hari karena dipercaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubub. 

Kegiatan berjemur di bawah paparan sinar matahari pagi hari dapat membantu tubuh meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh manusia. Efeknya pun bagus untuk menjaga fungsi otot dan saraf. Lantas seperti apa manfaat berjemur di pagi hari? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak ulasan berikut ini. 

Seperti yang telah dijelaskan, manfaat sinar matahari pagi bagus untuk menunjang daya tahan tubuh. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh apabila berjemur di pagi hari.

BACA JUGA:Ini Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat utama berjemur di pagi hari adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Nah, bagi sebagian orang yang menderita penyakit autoimun, berjemur di pagi hari akan sangat bermanfaat.

Hal ini disebabkan sinar matahari pagi juga bisa menekan sistem imun sehingga berjemur dapat menjadi salah satu jawaban dari penyakit seperti psoriasis. Penyakit psoriasis merupakan penyakit yang disebabkan karena autoimun tubuh menyerang sel sel kulit sehat.

Ketika kulit terkena sinar matahari secara langsung, maka sel darah putih akan mengalami sebuah peningkatan. Di mana, fungsi sel darah putih tersebut melawan berbagai mikroorganisme penyebab infeksi sehingga kekebalan tubuh pun akan terjaga dengan baik.

Selain itu, sinar matahari juga memiliki manfaat dalam membantu mencegah infeksi pada tubuh, seperti penyakit jantung, kanker, dan flu.

BACA JUGA:Passion Flower Ampuh untuk Atasi Kesehatan Mental

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat berikutnya jika Anda memiliki kebiasaan berjemur dipagi hari adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Dengan rutin berjemur pada pagi hari. kelenjar pineal dalam otak dan produksi melatonin akan menerima sinyal dari mata ketika kamu terpapar sinar matahari.

Dengan begitu, tubuh memiliki gambaran yang jelas bahwa saat itu bukan malam hari sehingga bisa mengatur ritme sirkadian pada tubuh tetap normal dan mendapat kualitas tidur yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: