Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Kacang Lima Bagus untuk Kesehatan Otak

Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Kacang Lima Bagus untuk Kesehatan Otak

Kacang lima merupakan salah satu jenis kacang-kacangan berwarna hijau atau krem dengan bentuk bulat dan rata yang memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mendengar kacang lima mungkin jenis kacang yang satu ini masih sangat asing ditelinga masyarat Indonesia. kacang lima merupakan salah satu jenis kacang-kacangan berwarna hijau atau krem dengan bentuk bulat dan rata yang memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kacang ini memiliki rasa yang lembut dengan tekstur halus membuatnya dijadikan berbagai macam hidangan. Dirangkum dari berbagai sumber konon kacang lima berasal dari daerah Peru. 

Bahkan namanya juga diambil dari nama ibu kota Peru, Lima. Kacang ini juga telah diakui selama berabad-abad di wilayah Amerika Tengah dan Selatan terutama karena berbagai nutrisi yang ditawarkan kacang ini.

Saat ini kacang lima tidak hanya terkenal di Amerika, kacang ini telah menyebar ke berbagai negara di dunia termasuk di Indonesia. Meski masih asning ditelinga masyarakat Indonesia, Anda perlu mengetahui beragam manfaat kcang lima untuk kesehatan. 

Lantas, apa saja manfaat kacang yang satu ini untuk kesehatan? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak ulasan dibawah ini. Berikut manfaat kacang lima untuk kesehatan. 

BACA JUGA:Agar Tulang Tak Mudah Keropos, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Menguatkan Tulang

1. Menjaga kesehatan otak

Kacang lima kaya akan mineral berupa mangan yang menjadi salah satu nutrisi penting dalam perkembangan otak. Mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Selain itu, sifat antioksidan dari kacang lima juga bagus untuk melindungi terhadap kerusakan sel otak.

2. Menurunkan berat badan

Kacang lima kaya akan serat dan protein. Makanan tinggi protein dan serat, seperti kacang lima, dikenal bisa menjaga berat badan karena mampu membuat tubuh kenyang lebih lama. Dengan begitu, nafsu makan jadi lebih terkontrol dan kamu pun tidak akan makan berlebihan.

Selain itu, kedua kandungan ini bisa membantu memenuhi kebutuhan kalori dalam tubuh. Selain itu, kacang ini juga dicerna dengan lambat sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

BACA JUGA:Sering Sekali Disepelkan, Begini Dampak Buruk Kebiasaan Tidur Tengkurap bagi Kesehatan

3. Membantu pemulihan akibat cidera 

Manfaat kacang lima selanjutnya adalah membantu proses penyembuhan. Kacang lima mengandung banyak protein yang tentunya bisa membantu dalam proses pertumbuhan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: