Revolusi Energi di Mukomuko: Puskesmas Dapat PLTS dan Fasilitas Modern dengan DAK 2024

Revolusi Energi di Mukomuko: Puskesmas Dapat PLTS dan Fasilitas Modern dengan DAK 2024

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebanyak 12 dari 17 Puskesmas di Kabupaten Mukomuko akan segera dilengkapi dengan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Langkah ini diambil setelah Kabupaten Mukomuko menerima dana alokasi khusus (DAK) tahun 2024 sebesar Rp 32 miliar. Dana ini tidak hanya dialokasikan untuk PLTS, tetapi juga untuk berbagai kebutuhan kesehatan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM, menyatakan, untuk tahun 2024 ini, Dinkes mendapatkan DAK sebesar Rp32 miliar.

Dana tersebut akan digunakan untuk membeli mobil ambulans, pusling, pembangunan PLTS di puskesmas, pengadaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), pengadaan alat pengolahan air atau Water Treatment untuk layanan medis, dan pengadaan alat kesehatan lainnya.

Bustam menjelaskan bahwa jumlah puskesmas yang menerima DAK fisik bidang kesehatan bervariasi sesuai kebutuhan. 

"Untuk pengadaan PLTS, 12 dari 17 puskesmas akan mendapatkannya. Selain itu, tujuh puskesmas akan menerima IPAL, sementara pengadaan Water Treatment akan dilakukan untuk lima puskesmas yang memiliki rawat inap," tambahnya.

BACA JUGA:DP2KBP3A Mukomuko Gencar Percepat Penurunan Stunting di Kecamatan Air Manjuto

Pemasangan PLTS dan IPAL di puskesmas ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan menjaga lingkungan.

"Pembangunan Instalasi Gawat Darurat (IGD) juga akan dilakukan di empat puskesmas," jelas Bustam.

Selain itu, pengadaan mobil ambulans dan pusling sudah selesai dilakukan dan telah dibagikan kepada puskesmas yang membutuhkan berdasarkan SK Bupati.

"Mobil ambulans ini diberikan kepada puskesmas yang sudah memiliki ambulans namun dalam kondisi rusak, seperti Puskesmas Tunggal Jaya, Puskesmas Selagan Raya, Puskesmas Kota Mukomuko, Puskesmas Lubuk Pinang, dan Puskesmas Lalang Luas," ujar Bustam.

BACA JUGA:Gencar Sosialisasi, Dinas PUPR Mukomuko Cegah Korban Tenggelam di Irigasi Bendung Manjunto

Dengan alokasi DAK yang diterima, Kabupaten Mukomuko optimis dapat meningkatkan layanan kesehatan dan mendukung penggunaan energi terbarukan melalui pemasangan PLTS di puskesmas. Ini merupakan langkah penting dalam menjaga keberlanjutan lingkungan sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di wilayah tersebut.(end)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: