Kaya Akan Nutirsi, Berikut 6 Manfaat Ayam Kampung Untuk Kesehatan

Kaya Akan Nutirsi, Berikut 6 Manfaat Ayam Kampung Untuk Kesehatan

Telur ayam kampung memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tidak perlu diragukan lagi jika telur ayam kampung memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. telur ayam kampung dipercaya lebih sehat dan bergizi dari telur ayam negeri karena cara pemeliharaan ayamnya yang lebih alami. 

Ayam kampung hidup bebas tanpa kandang dan mengonsumsi pakan alami, seperti cacing dan biji-bijian. Oleh karena itu, Anda bisa memperoleh beragam manfaat kesehatan dengan makan telur ayam kampung

Telur ayam kampung mengandung lemak tidak jenuh (monounsaturated fat dan polyunsaturated fat) yang lebih banyak ketimbang telur ayam negeri. Namun, jumlah kolesterol, vitamin E, dan vitamin A pada kedua telur ini cenderung sama.

Begitu pula dengan kandungan gizi lain pada telur ayam kampung tidak jauh berbeda dengan telur ayam pada umumnya. Selain sebagai sumber protein yang berkualitas, telur ayam kampung juga tersusun atas kandungan lain seperti vitamin B1, omega-3, dan antioksidan.

BACA JUGA:Jangan Disepelekan, Inilah Penyebab Seseorang Mudah Kelelahan

Dengan kandungan nutrisi yang beragam ini lah telur ayam kampung dipercaya sebagai penambah stamina alami karena memiliki kandungan nutrisi yang lebih menyehatkan dari telur biasa. 

Telur ayam kampung biasanya dikonsumsi secara mentah atau dicampur dengan jamu oleh sebagian besar masyarakat umum. Berikut ini adalah manfaat telur ayam kampung bagi kesehatan, yaitu:

1. Mengurangi kadar kolesterol jahat

Sama halnya dengan telur biasa, telur ayam kampung mengandung kolesterol yang tinggi. Namun, kolesterol dalam telur ayam kampung tak lantas meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan tubuh mampu menyeimbangkan jumlah kolesterol yang berasal dari makanan. Selain itu, pada telur ayam kampung terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang biasanya banyak terkandung pada minyak ikan.

BACA JUGA:Bukan Sembarang Kaki, Inilah 5 Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan Tubuh

Omega-3 dapat menurunkan kadar trigliserida yaitu komponen kolesterol jahat yang berisiko menyebabkan penyakit jantung.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Telur ayam kampung mengandung asam lemak omega-3 yang dua kali lipat lebih banyak dari jenis telur biasa. Manfaat asam lemak omega-3 adalah untuk menjaga kesehatan jantung dimana kandungan ini membantu mengatur trigliserida dan menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: