Jangan Sampai Terlena, Inilah 6 Efek Samping Mengonsumsi Durian Berlebih

Jangan Sampai Terlena, Inilah 6 Efek Samping Mengonsumsi Durian Berlebih

Efek samping mengonsumsi durian secara berlebihan-Pinterest -

6. Meningkatkan risiko diabetes

Baik pasien diabetes maupun orang yang berisiko tinggi diabetes sebaiknya lebih waspada makan buah durian. Pasalnya, efek kebanyakan makan durian bisa memperparah gejala diabetes atau memicu diabetes.

Durian mengandung gula sederhana, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa, yang cepat diserap oleh tubuh, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. 

7. Keracunan 

Efek makan durian selanjutnya dapat muncul jika Anda mengonsumsi durian sambil menenggak minuman beralkohol berisiko fatal.

Studi dalam jurnal Food chemistry menyatakan bahwa dietil disulfida dalam durian dapat menghambat kerja enzim aldehyde dehydrogenase (ALDH) yang berfungsi memecah alkohol.

Alkohol yang gagal dipecah akan menjadi racun untuk tubuh. Keracunan alkohol dapat membuat Anda kebingungan, tidak responsif, sulit bernapas, kehilangan kesadaran, hingga koma.

Kadar alkohol dalam tubuh yang terlalu tinggi bisa menyebabkan tekanan darah naik drastis. Ini meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung, stroke, atau gagal jantung kongestif.

BACA JUGA:Meski Sejuk, Ini 5 Bahaya Tidur dengan Kipas Angin

Nah, itulah efek samping jika Anda nekat mengonsumsi durian secara berlebih. Guna menghindari efek negatif makan durian, sebaiknya konsumsi buah durian secukupnya saja, paling tidak 2 – 3 biji sekali makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: