Jangan Disepelekan, Inilah Penyebab Seseorang Mudah Kelelahan

Jangan Disepelekan, Inilah Penyebab Seseorang Mudah Kelelahan

Penyebab kenapa seorang mudah merasa lelah.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagian orang kerap kali merasa mudah lelah padahal tidak melakukan banyak aktivitas berat. Oleh karena itu, jika Anda selalu merasa lelah namun tidak merasa melakukan suatau hal yang berat, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab lelah yang harus diwaspadai.

Kelelahan merupakan kondisi di mana kita mengalami rasa lelah atau lemah secara fisik, mental, emosional, atau gabungan dari ketiganya. Kondisi ini bukan suatu penyakit, melainkan gejala dari kondisi lain. Berikut dirangkum dari laman klikdokter.com beberapa penyebab kenapa Anda sering atau selalu merasa lelah.

  • Anemia

Salah satu penyebab utama seseorang mengalami lemas adalah penyakit anemia. Anemia atau kurang darah adalah salah satu kondisi yang paling sering dihubungkan dengan rasa lelah yang berlebihan. 

Biasanya, kelelahan juga disertai dengan gejala lainnya seperti sulit konsentrasi akibat kurangnya suplai oksigen ke otak, sering mengantuk, dan selalu terlihat pucat.

BACA JUGA:Berat Badan Turun Tanpa Diet, dr Zaidul Akbar Sarankan Rutin Minum Ini Setiap Hari

Meski demikian, anemia juga bisa dialami oleh pria maupun wanita, misalnya usai memasuki menopause akibat masalah pada lambung dan usus, atau akibat mengonsumsi obat antinyeri golongan antiinflamasi nonsteroid. 

  • Depresi dan Gangguan Kecemasan 

Kondisi depresi dan rasa cemas yang berlebihan akan membuat seseorang kehabisan energi. Kedua kelainan psikis ini menyebabkan seseorang sulit untuk tertidur atau mempertahankan tidur. 

Penderitanya kerap terbangun pada dini hari, sehingga merasa lemas dan mengantuk di siang hari. Rasa lemas ini bisa sampai membuat seseorang tak mampu melakukan aktivitas sehari-hari, meskipun kegiatan yang dilakukan tidak tergolong berat.

  • Diabetes

Penyebab selanjutnya yang biasanya dapat membuat seseorang mudah lemas meskipun tidak banyak melakukan aktivitas adalah menderita diabetes. Lemas dan sering merasa lelah merupakan keluhan yang juga sering dilontarkan oleh para penderita diabetes. 

BACA JUGA:Bumbu Dapur Ini Ternyata Obat Kuat Herbal dan Penambah Stamina Pria, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

Biasanya, kondisi ini akan muncul dengan gejala lainnya, terutama sering berkemih pada malam hari dan sering merasa kesemutan. Meski demikian, diagnosis penyakit diabetes sendiri sebenarnya tidak bisa dinyatakan melalui keluhan-keluhan itu saja. Butuh pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan gula darah.

  • Diet Berlebihan

Penyebab yang sering kali disepelekan adalah metode diet yang dilakukan dengan cara yang tidak tepat dan berlebihan. Jika sedang diet untuk menurunkan berat badan plus olahraga gila-gilaan, rasa lelah sangat mungkin terjadi. Ini karena tubuh belum terbiasa dengan pola hidup yang baru tersebut.

Untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk minum air putih secara cukup, mengonsumsi makanan bernutrisi, serta pastikan punya waktu tidur yang cukup setiap hari. Beri tubuh waktu untuk beradaptasi, sehingga lama-kelamaan tubuh akan terbiasa dengan pola diet yang dijalani.

BACA JUGA:Bumbu Dapur Ini Ternyata Obat Kuat Herbal dan Penambah Stamina Pria, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

  • Sindrom Kelelahan Kronis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: