Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Air Ketumbar untuk Kesehatan

Jarang Diketahui, Inilah 5 Manfaat Air Ketumbar untuk Kesehatan

Ilustrasi - Manfaat air ketumbar-Pinterest -

BENGKULUESKPRESS.COM - Mungkin sebagian orang belum banyak mengetahui manfaat air ketumbar untuk kesehatan. Masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat air ketumbar bagi kesehatan. 

Biasanya memang ketumbar lebih sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk melengkapi cita rasa masakan. Padahal, tidak hanya itu. Air rebusan ketumbar juga bisa dijadikan minuman berkhasiat. 

Oleh karena itu, tak hanya bisa dikonsumsi langsung sebagai makanan atau lalapan, ketumbar juga bisa diolah menjadi jamu atau teh herbal.

Ini karena di dalam air ketumbar terdapat beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti kalsium, fosfor, kalium, magnesium, zat besi, folat, serta vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K,

Selain itu, ketumbar dan air ketumbar juga kaya akan senyawa antioksidan, seperti tokoferol, karotenoid, flavonoid, tanin, antosianin, lutein, zeaxanthin, dan quercetine. 

BACA JUGA:Selain Sensasi Dingin dan Menyegarkan, Ada Banyak Manfaat daun mint untuk kesehatan

Berkat kandungan yang dimilikinya air ketumbar memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah berbagai manfaat air ketumbar yang bisa Anda peroleh:

1. Mengatasi masalah pencernaan

Salah satu manfaat air ketumbar yang cukup terkenal adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti mual, diare, dan perut kembung bahkan salah satu negara di Timur Tengah yaitu Iran telah lama menggunakan ketumbar sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah pencernaan.

Kandungan pada ketumbar mempunyai sifat yang akan membantu menjaga sekaligus menyehatkan sistem pencernaan. 

2. Menurunkan kadar gula darah

Meminum air biji ketumbar setiap pagi akan membantu menurunkan kadar gula darah secara alami. Air ketumbar mampu meningkatkan produksi dan kinerja hormon insulin, sehingga kadar gula darah bisa terkontrol. 

BACA JUGA:Crazy Kart, Game Balapan Online Penghasil Saldo DANA Gratis Ratusan Ribu Rupiah, Nyata Atau Scam?

Efek ini menjadikan air ketumbar baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko Anda terkena penyakit diabetes. Meski demikian, untuk mencegah diabetes, Anda tidak bisa hanya mengandalkan air ketumbar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: