Kenali Ragam Khasiat Daun Pohpohan Untuk Kesehatan, Lalapan Menyehatkan

Kenali Ragam Khasiat Daun Pohpohan Untuk Kesehatan, Lalapan Menyehatkan

Daun pohpohan merupakan salah satu tanaman Urticaceae Pilea-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selain dikenal sebagai lalapan untuk beragam masakan sunda yang dapat rasanya yang menyegarkan, ternyata dedaunan satu ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Tak heran jika daun dengan nama latin Pilea trinervia ini banyak digunakan sebagai obat herbal. Banyaknya khasiat daun pohpohan yang dimiliki tersebut, tentu saja salah satunya disebabkan oleh zat atau nutrisi yang dikandungnya.

Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut apa saja manfaat daun pohpohan, simak ulasan pada artikel di bawah ini. 

Sejatinya, daun pohpohan merupakan salah satu tanaman Urticaceae Pilea, yang tidak hanya ada Indonesia, tetapi juga tersebar di beberapa negara seperti India, Vietnam, Taiwan, Sri Lanka serta daratan Tiongkok.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Pilea Trinervia, Wight ini, umumnya tumbuh di ketinggian 700 sampai 1.750 meter di atas permukaan laut.

BACA JUGA:Kulit Wajah Glowing dengan 2 Bahan Alami Ini, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Menjadi tanaman yang tidak memiliki duri, daun pohpohan tumbuh dengan batang yang tegak dan kuat setinggi 0,5-2 meter.

Tidak hanya itu, jika dilihat sekilas tanaman ini memiliki bentuk menyerupai tanaman sirih. Hanya saja, yang membedakannya adalah tekstur dari daun pohpohan kasar dan agak berbulu.

Namun selain dijadikan lalapan, daun pohpohan juga sering kali diolah menjadi campuran pepes ikan teri, direbus menjadi pecel sayur, atau bahkan dibuat menjadi sayur tumis yang dimasak dengan cabai rawit.

Banyaknya manfaat daun pohpohan yang dimiliki, hal ini dipengaruhi oleh nutrisi atau zat yang dikandungnya. Dikutip dari laman hallosehat.com berikut manfaat daun pohpohan yang sayang untuk dilewatkan.

1. Mencegah Terjadinya Dehidrasi

Menjadi satu hal yang menarik, karena kamu bisa cegah dehidrasi dengan cara mengonsumsi daun pohpohan. Khasiat daun pohpohan yang satu ini bisa kamu nikmati, karena daun pohpohan memiliki kandungan potasium yang tinggi, seperti yang dilansir International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2016.

BACA JUGA:Ganggu Kepercayaan Diri, Simak Penyebab Terjadinya Stretch Mark dan Cara Mencegahnya

Kandungan potasium sendiri, dibutuhkan tubuh untuk mencegah terjadinya dehidrasi, yang disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh. Sebab, jika kebutuhan tubuh akan cairan tidak terpenuhi, maka tubuh akan rentan terserang penyakit jantung dan ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: