Lahan Trans Ditambah 500 Hektar

Lahan Trans Ditambah 500 Hektar

BINTUHAN, BE- Setelah musyawarah dengan masyarakat Desa Kedataran Sambat, Kecamatan Maje, soal lokasi trans Kedataran akan dibangun pertengahan bulan ini. Total lahan disiapkan 400 hektar, namun setelah adanya kesepakatan warga, maka lahan trans ditambah 500 hektar. Sehingga totalnya mencapai 900 hektar.

\"Saat ini dengan penambahan lokasi trans, maka program ini bisa sampai tahun 2015. Dengan lahan seluas 900 hektar ini kita sudah melakukan pengecekan,\" ujar Kadisosnakertran Kaur Drs Edi Suardi B melalui Kabid P4T Yulian ST.

Dikatakanya, dari lahan 900 hektar ini seluas 400 hektar akan digunakan pembangunan 200 unit rumah trans, sedangkan 500 hektar saat ini tetap di inventarisir karena ada beberapa lahan yang masih milik warga harus dibebaskan. Sehingga lahan 500 hektar itu akan tetap milik trans, namun prosesnya hingga tahun 2015 mendatang. \"Yang jelas sesuai kesepkatan lahan tran sudah siap 900 hektar, namun yang dipakai sementara waktu seluas 400 hektar,\" jelasnya.

Sementara itu, untuk pembangunan trans pmerintah pusat sudah mengumumkan pemenang lelang pembangunan lokasi trans yakni PT Sukri Balak. Rencanaya pembangunan transmigrasi Kedataran akan dilaksanakan pertengahan April ini, dalam hal ini pusat telah mengkucurkan anggaran Rp 10,2 miliar.

\"PT Sukri Balak pemenang tender untuk melaksanan proyek pembangunan tranmigrasi kedataran, kemarin pihak PT sudah melakukan koordinasi dengan kita,\" jelasnya.

Dijelaskanya, dana senilai Rp 10,2 miliar itu nantinya akan diperuntukan untuk pembangunan 200 unit rumah tran, pembangunan jalan, pustu, sarana air bersih, masjid dan rumah UPT Tranmigrasi kedataran serta balai desa. Pembangunan  ini akan selesai diperkirakan akhir september mendatang. \"Semua fasilitas tranmigrasi lengkap dibangun semuanya,  namun untuk pembangunan jalan belum langsung dihotmix, namun masih pembukaan dan pengerasan sementara,\" jelasnya.

Sedangkan untuk penempatanya, lanjut Kabid, untuk tahun ini belum dilakukan sebanyak 200 KK. Walaupun pembangunan rumah sebanyak 200 unit, namun untuk penempatanya 100 orang dahulu, sedangkan sisanya tahun 2014.\"Karena ini merupakan petunjuk pusat untuk menyeleksi 50 wraga tran asal jawa dan 50 tran lokal, makanya usai bangunan itu jadi maka kita akan tempatkan dahulu 100 KK terlebih dahulu,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: