6 Fungsi Bumper Mobil yang Lebih dari Sekedar Aksesoris

6 Fungsi Bumper Mobil yang Lebih dari Sekedar Aksesoris

Bumper mobil adalah salah satu komponen penting yang umumnya dipasang di bagian depan atau belakang kendaraan-Pinterest -

Seperti yang kita tahu, insiden kecelakaan mobil masih sering terjadi hingga saat ini. Tak jarang, dari insiden tersebut menyebabkan cedera pada penumpang maupun pengemudi kendaraan. Oleh sebab itu, keberadaan bumper mobil menjadi sangat penting dalam hal ini.

Bumper mobil yang berperan dalam meredam benturan dapat meminimalisir konsekuensi dan dampak buruk dari benturan tersebut. Sehingga efek dari kecelakaan dapat diperkecil dan meningkatkan potensi keselamatan bagi semua yang berada di dalam kendaraan tersebut.

Inilah yang mengharuskan bumper wajib mematuhi standar keamanan yang telah ditetapkan oleh badan regulasi dan otoritas berwenang. Dimana standar keamanan tersebut mengharuskan desain dan konstruksi bumper sesuai dengan aspek-aspek keamanan yang sudah melewati serangkaian uji coba. 

Uji coba untuk menjamin kinerjanya yang sesuai dengan standar keamanan. Proses pengujian inilah yang dirancang untuk memastikan bahwa bumper mampu memberikan perlindungan optimal kepada penumpang dan kendaraan dalam berbagai skenario benturan.

BACA JUGA:Harga Motor PCX 2024, Spesifikasi, dan Harga Bekas

3. Meningkatkan Tampilan 

Selain memiliki desain yang estetis untuk meningkatkan tampilan, bumper juga memiliki fungsi tambahan dalam meningkatkan aerodinamis mobil untuk performa yang lebih optimal. Bahkan beberapa mobil juga dilengkapi dengan lipatan di bagian belakang bumper yang dirancang untuk menjaga downforce.

Dengan adanya lipatan ini, mobil dapat mempertahankan kestabilannya sehingga memberikan dampak positif terhadap kontrol dan kinerja keseluruhan mobil.

4. Melindungi Tangki Bensin

Nyatanya selain dapat melindungi mesin ketika terjadi benturan akibat kecelakaan, bumper mobil juga memiliki peran dalam menjaga tangki bensin. Ini sangat berdampak dalam meminimalisir potensi bahaya akibat tumpahan bensin ketika terjadi benturan, salah satunya resiko kebakaran yang mungkin terjadi.

Dengan adanya bumper, resiko akibat kebocoran dapat diminimalkan sehingga mampu memberikan perlindungan tambahan pada aspek keamanan kendaraan.

BACA JUGA:Mengapa Radiator Mobil Harus Dikuras? Begini Alasan dan Cara Menguras Radiator Mobil dengan Benar

5. Tempat Lampu Kabut

Selain memiliki fungsi sebagai elemen pelindung, bumper mobil juga berperan sebagai tempat untuk memasang lampu kabut. Lampu kabut sendiri sangat bermanfaat, terutama ketika kondisi jalanan sedang penuh dengan kabut atau keadaan hujan.

Dengan adanya lampu kabut di bumper, pengemudi tetap dapat berkendara dengan aman dan nyaman meskipun sedang dalam cuaca yang kurang mendukung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: