Berikut Ini 10 Makanan Ringan yang Tidak Bikin Gemuk

Berikut Ini 10 Makanan Ringan yang Tidak Bikin Gemuk

Untuk memudahkan Anda menyiapkan makanan ringan yang sehat, Anda bisa menyetok oatmeal, yoghurt, dan susu rendah lemak di kulkas rumah atau di laci kantor. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Makanan ringan yang tidak bikin gemuk bisa dikonsumsi saat Anda sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Pilihan camilan ini pun dapat memberikan tenaga ekstra bagi tubuh untuk melakukan aktivitas tanpa memengaruhi berat badan.

Makanan ringan bisa menjadi pengganjal lapar sebelum waktu makan utama atau sebelum tidur. Namun hati-hati, jika tidak bijak memilih jenis dan kandungannya, camilan dapat menjadi bumerang yang menggagalkan diet. Anda tetap dapat ngemil enak saat diet dengan mengonsumsi berbagai Makanan yang ringan yang tidak bikin gemuk, seperti kacang-kacangan atau rujak buah.

BACA JUGA:Kota Bengkulu Raih Medali Emas Terbanyak di POPDA 2024, Berikut Perolehannya

Pilihan Makanan Ringan yang Praktis dan Mudah Dibuat
Makanan Ringan tidak selalu snack yang tinggi gula dan garam. Ada beberapa pilihan lain yang memiliki banyak nutrisi dan menyehatkan tubuh, antara lain:

1. Kacang-kacangan
Beragam jenis kacang, seperti kacang almon, kacang tanah, dan kacang mete, kaya akan protein dan serat, serta dapat menjadi Makanan Ringan yang tidak bikin gemuk dan mudah dibawa ke mana-mana. Edamame dan kacang kedelai muda juga dapat menjadi pilihan yang baik.

2. Puding chia
Chia kaya akan serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan pencernaan dan jantung. Untuk mengolahnya menjadi puding sebagai Makanan Ringan, Anda cukup merendam biji chia semalaman dengan susu rendah lemak, susu almon, atau susu kedelai.Untuk menambah rasa kenyang sekaligus memberi nutrisi, Anda bisa menambahkan madu dan buah-buahan.

BACA JUGA:Kasus Korupsi Samisake Jilid 2 Masih Berproses, BPKP Hitung Kerugian Negara

3. Popcorn rumahan
Pilih popcorn atau berondong jagung mentah dengan label rendah lemak dan tanpa rasa. Masak popcorn dalam microwave bersama minyak tanpa menambahkan bahan apa pun, seperti caramel ataupun mentega. Jika suka pedas, Anda bisa menambahkan sedikit bubuk cabai. Ketahuilah bahwa popcorn tanpa tambahan mentega atau gula mengandung serat tinggi yang sangat bermanfaat bagi pencernaan.

4. Sereal
Sereal, terutama gandum utuh, dapat menjadi pilihan makanan ringan yang tidak bikin gemuk dan menyehatkan tubuh. Kandungannya yang kaya akan serat dapat membuat perut kenyang lebih lama.

5. Yoghurt dan buah
Pilih yoghurt tanpa rasa dan konsumsi bersama potongan buah. Makanan ringan ini dapat menjadi sumber kalsium yang lezat dan kaya manfaat. Anda juga dapat mencampurkan bahan-bahan sehat lain, seperti biji bunga matahari atau flaxseed.

BACA JUGA:Selain Gurih! Ini 5 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

6. Sayuran
Tidak hanya menjadi makanan utama, sayuran juga dapat menjadi makanan ringan yang tidak bikin gemuk. Semangkuk salad atau sepiring kecil gado-gado tanpa nasi dapat menjadi makanan ringan yang kaya manfaat.

7. Rujak buah
Buah dan sayuran juga bisa diolah menjadi rujak atau asinan yang lezat. Untuk membuat rujak buah, pertama cuci buah-buahan, seperti mangga, jambu merah, jambu biji, dan bengkoang, lalu kupas dan potong-potong. Untuk sambal kacangnya, siapkan cabe merah, gula merah, garam, kacang kulit goreng secukupnya. Lalu, ulek bahan-bahan tersebut dan tambahkan 2 sendok teh air dan 1 sendok teh terasi, kemudian aduk sampai merata. Rujak buah pun siap dinikmati sebagai makanan ringan yang tidak bikin gemuk dan sehat.

8. Apel oles selai kacang
Jika Anda tidak terlalu suka mengonsumsi apel potong tanpa campuran apa pun, coba oleskan selai kacang pada potongan apel. Namun, tetap ingat untuk membatasi konsumsi selai kacang karena kandungan kalorinya yang tinggi.

BACA JUGA:Kaya Kolagen! Buah Jamblang Bagus untuk Mencerahkan Kulit

9. Smoothies
Smoothies buah dapat dikategorikan sebagai minuman sekaligus makanan ringan karena teksturnya yang lebih kental dari jus dan minuman lain. Anda bisa membuat smoothies berbahan dasar pisang atau alpukat. Blender pisang matang bersama dengan es, serta susu rendah lemak atau yoghurt.

10. Telur rebus
Telur rebus dapat menjadi makanan ringan praktis disantap saat lapar menyerang. Kandungan protein yang tinggi dalam telur dapat menjaga nafsu makan, sehingga Anda tidak tergoda menyantap camilan yang kurang sehat. Selain itu, telur juga rendah kalori dan mengandung nutrisi, seperti vitamin D dan vitamin B12.

Pilihan Makanan Ringan Olahan
Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk membuat makanan ringan sendiri dan hanya ingin membelinya di supermarket atau di warung, pilihlah produk makanan ringan yang tidak bikin gemuk dengan kriteria sebagai berikut:

- Mengandung biji-bijian utuh, misalnya gandum utuh, yang kaya serat, nutrisi, dan protein
- Pilih makanan ringan yang kalorinya paling rendah
- Berlabel rendah lemak, terutama lemak jenuh, dan rendah gula

BACA JUGA:Sering Jadi Oleh-oleh Haji, Ini Segudang Manfaat Kacang Arab

Untuk memudahkan Anda menyiapkan makanan ringan yang sehat, Anda bisa menyetok oatmeal, yoghurt, dan susu rendah lemak di kulkas rumah atau di laci kantor. Bahan-bahan ini dapat dipadukan dengan berbagai buah-buahan menjadi makanan ringan yang sehat. Tidak ketinggalan, selalu sediakan air minum di dekat Anda karena mencukupi minum air putih setiap hari dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menekan rasa lapar.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: