Kenali 10 Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan

Kenali 10 Manfaat Daun Sembung untuk Kesehatan

Semua bagian pada tanaman sembung, daunnya disebut menjadi salah satu bagian yang sering dijadikan sebagai bahan obat herbal-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sering digunakan sebagai bahan-bahan obatan herbal, daun sembung ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun sembung atau dikenal dengan nama latin Blumea balsamifera adalah salah satu tanaman dari famili Asteraceae. 

Tanaman sembung memiliki daun tunggal yang berwarna hijau. Panjang daun sekitar 10—30 cm, sedangkan lebarnya 2,5—12 cm. Bentuk daunnya lonjong dengan runcing di ujungnya. Tepi daun berbentuk gerigi dan tajam serta memiliki bulu di permukaannya.

Tidak banyak yang tahu, jika tanaman ini telah digunakan sebagai obat herbal selama ribuan tahun di negara-negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, serta Indonesia.

Selain negara-negara tersebut, sembung juga sering digunakan di Cina, India, serta beberapa negara Afrika dan Oseania.

Terasa panas dan hangat jika diminum, daun sembung memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan. Jika Anda tertarik menggunakan daun ini sebagai pengobatan tradisional, cari tahu manfaat dan cara penggunaan daun sembung di bawah ini.

BACA JUGA:Agar Sholat Khusyuk dan Terhindar dari Godaan Setan, Amalkan Amalan-amalan Berikut Ini

Di Indonesia dan beberapa negara lainnya, tanaman sembung memiliki ragam nama. Selain sembung, tanaman ini dikenal juga dengan nama sambong, kamandhin, capo, kesembung, buya sapa, dan chapa.

Adapun dari semua bagian tanaman sembung, daunnya disebut menjadi salah satu bagian yang sering dijadikan sebagai bahan obat herbal.

Daun yang berbentuk lonjong ini mengandung minyak atisiri serta ragam kandungan lain yang diyakini dapat memberikan khasiat untuk kesehatan. Selain itu, daun mengandung alkaloid, falvonoid, tanin, tepernoid, steroid, dihidroplavon, monoterpen, sesquiterpen, dan triterpen. 

Berkat kandungan tersebut, ada banyak manfaat daun sembung yang bisa Anda dapatkan. Berikut adalah beberapa manfaat atau khasiat daun sembung yang telah diketahui.

BACA JUGA:Ini Dia 10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Cegah Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat Daun Sembung 

1. Mengobati flu

Penyakit flu bisa disebabkan oleh bakteri atau virus. Umumnya, seseorang tertular penyakit ini ketika menghirup udara yang mengandung bakteri atau virus penyakit flu, serta menyentuh benda yang sudah terkontaminasi virus atau bakteri tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: