10 Destinasi Hiking Seru untuk Pemula di Indonesia

10 Destinasi Hiking Seru untuk Pemula di Indonesia

Gunung Merapi --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Indonesia, dengan kekayaan alamnya yang melimpah, menawarkan sejumlah destinasi hiking yang menarik bagi para pemula. Bagi yang baru memulai petualangan hiking, memilih destinasi yang sesuai dengan tingkat kesulitan dan kesiapan fisik sangat penting.

Selain untuk melatih fisik, hiking juga menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan alam. Untuk itu, tidak sedikit yang membawa kamera seperti gopro untuk merekam kegiatan hiking mereka. 

Berikut adalah 10 tempat hiking di Indonesia yang cocok untuk pemula, dilengkapi dengan panduan dan tips untuk memastikan petualanganmu berjalan lancar.

1. Gunung Papandayan, Jawa Barat

Gunung Papandayan, terletak di Garut, Jawa Barat, menjadi pilihan populer bagi pendaki pemula. Jalur hiking yang relatif mudah dengan pemandangan alam yang indah membuat Papandayan menjadi destinasi yang sempurna untuk memulai petualangan hiking.

BACA JUGA:Berlibur Ala My Trip My Adventure, Pantai Srakung Tawarkan Panorama Alam yang Indah

Tips: Pastikan untuk mempersiapkan perlengkapan hiking dasar dan mengikuti petunjuk jalur yang ada. Selalu perhatikan cuaca karena kondisi di gunung bisa berubah secara tiba-tiba.

2. Gunung Prau, Jawa Tengah

Gunung Prau terletak di kawasan Dieng, Jawa Tengah, dan menawarkan jalur hiking yang tidak terlalu sulit. Pemandangan di puncak, terutama saat matahari terbit, sangat memukau dan menjadi daya tarik utama Gunung Prau.

Tips: Mulailah perjalanan dari Pos Patak Banteng untuk jalur yang lebih ramah pemula. Jangan lupa membawa jaket tebal karena suhu di puncak bisa sangat dingin.

BACA JUGA:Puncak Suroloyo, Tempat Tinggal Para Batara Di Cerita Pewayangan Rakyat Yogyakarta

3. Gunung Batur, Bali

Bagi para pemula yang ingin mencoba hiking di Pulau Dewata, Gunung Batur adalah pilihan yang tepat. Meskipun jalurnya cukup terjal di beberapa bagian, pengalaman melihat matahari terbit dari puncaknya membuat setiap perjuangan sepadan.

Tips: Rencanakan pendakian untuk melihat matahari terbit. Persiapkan diri dengan membawa air yang cukup dan sepatu yang nyaman untuk berjalan di medan yang berbatu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: