Sukseskan Pilkada, Pemkot Bengkulu Siap Hibahkan Rp 28 M

Sukseskan Pilkada, Pemkot Bengkulu Siap Hibahkan Rp 28 M

Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi bersama Ketua Bawaslu Kota Bengkulu dan Ketua KPU Kota Bengkulu setelah penandatanganan dana hibah untuk Pilwakot Bengkulu-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menyiapkan dana sebesar Rp28 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bengkulu Gitagama Raniputera di Bengkulu menerangkan bahwa dana sebesar Rp28 miliar tersebut akan disalurkan ke seluruh pihak penyelenggara pengawas termasuk tim pengamanan Pilkada 2024.

"Pemkot telah menghibahkan dana untuk menyelenggarakan Pemilu 2024 yang berasal dari dan APBD senilai Rp28 miliar lebih dan sudah dirincikan juga," katanya, Senin 6 Mei 2024.

Berdasarkan data dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bengkulu dana Rp28 miliar tersebut terbagi ke sejumlah pihak seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar Rp17,4 miliar.

BACA JUGA:Konser Jamrud Spektakuler dan Launching Maskot dan Jinggle Pilgub Bengkulu 2024 Meriah

Selanjutnya ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bengkulu yaitu Rp3,2 miliar dan untuk pengamanan Pilkada seperti Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bengkulu Rp4,3 miliar dan Kodim 0407 Kota Bengkulu Rp1,5 miliar.

"Selain pengawas dan penyelenggara, tim keamanan pemilu juga diberikan sesuai dengan beban kerja masing-masing," katanya.

Lanjut Gitagama, penyaluran dana hibah untuk pilkada tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 54 Tahun 2019 dan Nomor 41 tahun 2020 bahwa untuk pendanaan hibah pelaksanaan pilkada tidak lagi melalui tinjauan KPU RI tetapi langsung dari pemerintah daerah masing-masing.

"Dalam upaya dukungan yang seharusnya memang diberikan untuk para tim pemilu maka dianggarkan dalam anggaran daerah," sebut dia.

BACA JUGA:Kurang 8 Orang, Bawaslu Kota Bengkulu Buka Kembali Rekrutmen Panwascam Pilkada 2024

Diketahui sebelumnya pada Desember 2023 Pemkot Bengkulu telah menyerahkan dana hibah untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sebesar Rp14,8 miliar kepada KPU dan Bawaslu Kota Bengkulu.

Pada penyaluran tahap pertama sebesar Rp14,8 miliar tersebut terdiri dari Rp11,6 miliar untuk KPU Kota Bengkulu dan Bawaslu Kota Bengkulu Rp3,2 miliar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: