Hati-hati Peradangan! Yuk, Kenali 10 Penyebab Mata Belekan

Hati-hati Peradangan! Yuk, Kenali 10 Penyebab Mata Belekan

Belek adalah campuran lendir, kotoran, minyak, air mata, dan sel-sel kulit mati yang menumpuk di sudut mata-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada beberapa penyebab mata mengalami belekan, menumpuknya kotoran mata saat bangun tidur merupakan hal yang umum terjadi. 

Selain itu, belek pada mata juga bisa terbentuk akibat kondisi medis tertentu, seperti infeksi, alergi, atau konjungtivitis.

Sudah diketahui jika belek adalah campuran lendir, kotoran, minyak, air mata, dan sel-sel kulit mati yang menumpuk di sudut mata.

Hal ini normal terjadi saat bangun tidur. Pasalnya, belek yang terbentuk merupakan cara alami tubuh untuk menjaga kebersihan mata saat Anda tidur.

Namun belekan bisa menjadi tidak normal apabila disertai dengan mata sakit, penglihatan kabur, serta tidak dapat mengedip atau membuka mata. Jika hal ini terjadi, gangguan mata yang bisa menyebabkan mata menjadi belekan. 

BACA JUGA:Kenali Ciri Stres Berat secara Fisik dan Psikologis Serta Dampaknya untuk Kesehatan

Lantas, apa yang menyebabkan mata menjadi belekan? Yuk. kenali penyebab mata belekan pada ulasan di bawah ini yang dikutip dari laman halodoc.com.

Penyebab Mata Belekan

Penyebab Mata Belekan Belekan pada mata, apalagi jika terjadi terus-menerus dan dibarengi dengan gejala sakit mata lainnya, tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab mata belekan agar penanganan yang tepat bisa segera diberikan. Berikut ini adalah beberapa penyebab mata belekan:

1. Bangun tidur

Pada siang hari, mata dapat berkedip untuk menghilangkan debu, sel kulit mati, lendir, dan air mata, sehingga tidak ada kotoran yang menumpuk. Nah, saat tidur, mata terpejam sehingga kotoran tidak bisa keluar. Hal inilah yang menyebabkan belek terbentuk dan berkerak di sudut mata saat Anda bangun tidur.

BACA JUGA:Pecinta Makanan Korea Harus Tahu! Ini Dia 5 Manfaat Daun Perilla untuk Kesehatan

2. Mata kering

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: