Kenali Bahaya Penyakit Kolibasilosis pada Ayam Ternak, Ini Cara Mengatasinya

Kenali Bahaya Penyakit Kolibasilosis pada Ayam Ternak, Ini Cara Mengatasinya

penyakit kolibasilosis pada ayam dan cara mengatasinya-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

Mengatur sirkulasi udara dalam kandang dengan baik dan bersihkan debu di sekitar kandang karena berpotensi terkontaminasi E. coli. Usahakan agar sirkulasi udara baik, mudah berganti dan ayam merasa nyaman.

Penanganan Colibacillosis jika Terlanjur Menyerang :

- Culling (seleksi) ayam dengan gejala penyakit parah karena tingkat kesembuhan penyakit relatif kecil.

- Pengobatan dengan antibiotik yang efektif untuk bakteri Gram negatif. Pada kasus yang belum parah dapat diberikan antibiotik melalui air minum misalnya Neo Meditril, Tinolin atau Proxan-S.

Namun jika kondisi ayam sudah parah sehingga konsumsi air minum ayam menurun, pengobatan bisa dipertimbangkan menggunakan antibiotik via injeksi seperti Neo Meditril-I atau Tinolin Injection.

Dalam pengobatan Colibacillosis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, selain dosis, serta lama pemberian yang harus sesuai, perlu dilakukan rolling antibiotik dari golongan yang berbeda untuk menghindari resistensi antibiotik.

- Rutin melakukan pengecekan kualitas air dengan uji laboratorium pada saat pergantian musim atau sumber air.

- Pemberian asam organik seperti Asortin, untuk menjaga keseimbangan mikroflora usus dengan menjaga pH optimum saluran cerna sehingga meningkatkan performa ayam.

- Pemberian vitamin untuk meningkatkan nafsu makan dan daya tahan tubuh, misalnya Vita Stress, Imustim, atau Fortevit.

- Desinfeksi kandang dan lingkungan dengan Medisep atau Neo Antisep setiap hari untuk mengurangi bibit penyakit di lingkungan.

BACA JUGA:Tips Agar Ayam Cepat Bertelur

BACA JUGA:Ingin Ayam Ternak Cepat Besar dan Gemuk, Ini 8 Makanan yang Disarankan

- Perbaikan manajemen pemeliharaan seperti pengaturan kepadatan, memastikan sirkulasi udara baik, manajemen litter agar tidak basah dan lembap, kecukupan nutrisi pada pakan, serta kontrol kadar amonia.

- Kejadian penyakit Colibacillosis di kandang masih perlu menjadi perhatian. Serangannya pada semua umur pemeliharaan serta di semua musim menjadikan faktor pemeliharaan dan biosecurity sebagai barrier pertama kita dalam menanggulanginya agar collibacillosis tidak kembali menyerang ke peternakan kita.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: