Tips Menetaskan Telur Ayam Secara Cepat

Tips Menetaskan Telur Ayam Secara Cepat

Cara cepat menetaskan telur ayam-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Penetasan telur ayam memerlukan perhatian khusus untuk memastikan keberhasilan prosesnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan menetaskan telur ayam.

Ada dua metode umum yang dapat digunakan untuk menetaskan telur ayam. Metode pertama adalah penetasan alami, di mana telur dierami langsung oleh induk ayam.

Metode kedua adalah penetasan buatan, yang menggunakan mesin tetas untuk membantu proses penetasan.

BACA JUGA:Tips Mudah Ternak Ayam Kampung, Ini 4 Tipe Kandang Terbaik

BACA JUGA:Tips Sukses Usaha Ayam Potong Skala Rumahan, Modal Kecil Dan Menguntungkan

Ketika ingin menetaskan telur ayam dalam jumlah besar, menggunakan mesin tetas akan menjadi pilihan yang lebih praktis daripada cara alami. Namun, penting untuk mengetahui cara yang benar dalam menggunakan mesin tetas.

Pertama, pastikan mesin tetas dilengkapi dengan lampu listrik atau lampu minyak sebagai sumber panas. Kemudian, letakkan telur ayam di dalam mesin tetas dan biarkan telur tersebut selama 20 hingga 21 hari untuk menetas dengan sempurna.

Tak hanya itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan mesin tetas, yaitu:

1. Kelembapan

Kelembaban ideal dari mesin tetas telur ayam antara 60%-70%. Hal ini diperlukan untuk memastikan embrio dalam telur dapat berkembang dengan baik.

2. Temperatur

Usahakan suhu mesin tetas berada pada kisaran 38°-40°C. Agar suhu terjaga, alat tetas harus berada dalam keadaan tertutup, kecuali bagian ventilasinya.

3. Panas yang Merata

Untuk memastikan panas merata, penting untuk memutar telur secara teratur. Putar telur sebanyak 3 kali sehari, dengan interval sekitar 8 jam setiap kali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: