Intip 10 Komponen Kopling Mobil dan Fungsi-fungsinya

Intip 10 Komponen Kopling Mobil dan Fungsi-fungsinya

Kopling mobil berfungsi sebagai penghubung antara roda gigi transmisi dengan poros engkol-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pada kopling mobil terdapat sejumlah komponen kopling yang penting untuk diketahui. Lantas, apa saja komponen kopling mobil manual yang Anda ketahui? 

Jika belum banyak mengetahui mengenai jenis-jenis komponen pada koling mobil, artikel ini dapat membantu untuk bisa memahaminya. Oleh karena itu, simak penjelasan di bawah ini. 

Kopling sendiri merupakan salah satu komponen penting yang ada di mobil manual. Fungsinya adalah untuk menjadi penghubung antara roda gigi transmisi dengan poros engkol. 

Jadi, jika mobil tidak memiliki komponen tersebut maka mobil tidak akan bisa diatur tingkat kecepatan mesinnya.

Jenis-jenis kopling yang digunakan juga cukup bervariasi. Beberapa di antaranya seperti kopling manual yaitu kopling yang dioperasikan secara manual dan dikendalikan oleh pengemudi, kemudian ada juga kopling otomatis yaitu kopling yang bekerja secara otomatis berdasarkan kecepatan putaran poros engkol.

BACA JUGA:Bisa Pakai Minyak Kayu Putih, Begini Cara Menghitamkan Motor Kusam Serta Cara Mengaplikasikannya

Komponen Kopling dan Fungsinya Secara Umum

Saat ini, setiap kendaraan bermotor sudah dilengkapi dengan komponen kopling di dalamnya meskipun tidak semuanya menggunakan jenis kopling yang sama.

Setelah Anda memahami apa itu kopling, sekarang saatnya untuk mempelajari apa saja komponen-komponen yang ada di dalam mobil manual. Berikut beberapa di antaranya.

1. Pedal kopling (Clutch pedal)

Pedal kopling atau clutch pedal bekerja seperti pengungkit dan berfungsi sebagai pengendali kopling mobil. Komponen ini memiliki engsel yang dihubungkan dengan push rod.

Push rod inilah yang berfungsi sebagai penghubung pedal dengan piston master silinder kopling.

2. Release fork

Release fork memiliki bentuk seperti garpu. Fungsinya adalah sebagai media penekan atau pendorong untuk mengubah tenaga mekanis dari actuator cylinder ke bagian release bearing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: