Kulit Gatal Saat Hamil? Berikut Cara Mudah Mengatasinya

Kulit Gatal Saat Hamil? Berikut Cara Mudah Mengatasinya

Salah satu penyebab rasa gatal selama kehamilan yakni kulit kering-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat mengandung ibu hamil biasanya akan ada pada kondisi di mana akan mengalami rasa gatal yang berlebihan karena faktor kandungan karena kulit yang meregang dan perubahan hormon yang terjadi saat hamil. 

Tentu rasa gatal akan menimbulkan ketidaknyamanan dan akan membuat kulit rawan alami iritasi. Untuk menenangkan kulit gatal saat hamil karena kondisi kulit kering, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, berikut diantaranya: 

1. Gunakan pelembap

Salah satu penyebab rasa gatal selama kehamilan yakni kulit kering. Maka, Anda dapat mengatasinya dengan mengoleskan pelembap pada kulit.

Usahakan untuk menggunakan pelembap tanpa tambahan alkohol dan pewangi. Pasalnya, kulit Anda akan menjadi lebih sensitif selama kehamilan.

Gunakan pelembap setelah Anda mandi dan sebelum kulit Anda benar-benar mengering. Jangan lupa untuk mengoleskan kembali pelembap jika kulit mulai terasa kering.

Tidak hanya pelembap, Anda juga bisa memilih bedak dengan kandungan calamine untuk meredakan rasa gatal.

BACA JUGA:Apakah Muncul Flek Karena KB Dapat Membatalkan Puasa dan Sholat? Simak Pembahasannya

2. Pilih pakaian longgar

Gesekan antara kulit dan pakaian juga kerap menjadi penyebab gatal saat hamil. Dengan memakai pakaian yang longgar, Anda bisa bergerak dengan lebih bebas dan nyaman.

Selain itu, usahakan untuk memilih pakaian ibu hamil dengan bahan yang menyerap keringat seperti katun supaya rasa gatal tidak semakin parah.

3. Hindari mandi air hangat

Selama ini, Anda mungkin berpikir bahwa berendam dengan air hangat bisa meredakan rasa gatal. Padahal, sebenarnya ini cukup berisiko bagi kulit.

Jika air yang Anda gunakan terlalu panas, cara ini justru bisa membuat kulit Anda semakin kering dan gatal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: