Tak Hanya Bantu Turunkan Berat Badan, Berikut 10 Manfaat Kentang untuk Kesehatan

Tak Hanya Bantu Turunkan Berat Badan, Berikut 10 Manfaat Kentang untuk Kesehatan

Kentang menjadi sumber makanan yang sering dikonsumsi oleh banyak orang.-Pinterest -

BACA JUGA:Redakan Sickness, Intip 7 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

7. Mengontrol kadar gula darah

Makanan ini mengandung jenis pati khusus, yaitu pati resisten. Pati resisten ini dapat mengurangi resistensi insulin, yang pada gilirannya meningkatkan kontrol gula darah.

Pengidap diabetes yang mengonsumsi makanan dengan pati resisten dapat menghilangkan kelebihan gula darah dengan lebih baik setelah makan. 

Selain mengonsumsi kentang, ada beberapa cara mengontrol gula darah lainnya. Baca selengkapnya di artikel: Cara Simpel Mengendalikan Gula Darah.

8. Menurunkan risiko peradangan

Menurut jurnal ilmiah berjudul Pigmented Potato Consumption Alters Oxidative Stress and Inflammatory Damage in Men dari The Journal of Nutrition menyebutkan, kentang kuning dan ungu dapat mengurangi peradangan. Ini juga bisa berarti perlindungan terhadap radang sendi dan rematik.

9. Menyehatkan pencernaan

Pati resisten dalam kentang juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Pati ini tidak terpecah dan terserap sepenuhnya oleh tubuh.

Sebaliknya, pati kentang akan mencapai usus besar ketika menjadi sumber nutrisi bagi bakteri menguntungkan dalam usus.

Menariknya, menurut studi yang terbit dalam Journal of Medicinal Plants Studies, kentang juga dapat membantu dalam pengobatan tukak lambung. Termasuk dalam menghilangkan sakit perut dan menetralkan tingkat keasaman lambung yang terlalu tinggi.

BACA JUGA:Waspada Wajah Rusak, Simak 5 Ciri Krim Mengandung Merkuri Berbahaya

10. Mencegah kanker dengan pengolahan yang sehat

Merebus dan memanggangnya bisa membuat sumber karbohidrat sehat ini jauh lebih bermanfaat. Menggoreng kentang dapat menyebabkan sintesis bahan kimia akrilamida, yang dapat menyebabkan kanker. 

Glikoalkaloid dalam kentang (senyawa pahit dalam sayuran) dan ekstrak kulit kentang menunjukkan efek antiinflamasi. Selain itu, kentang juga mengandung senyawa anthocyanin yang memberikan manfaat antiinflamasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: