Cegah Gangguan Mental, Simak 5 Manfaat Pikiran Positif untuk Kesehatan

Cegah Gangguan Mental, Simak 5 Manfaat Pikiran Positif untuk Kesehatan

5 manfaat dari berfikir positif untuk kesehatan mental-Pinterest -

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kebiasaan berpikir positif dapat memperkuat sistem imun tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Hal ini diduga karena kebiasaan berpikir positif akan membuat seseorang lebih bersemangat untuk menjalani gaya hidup sehat.

Bahkan, berbagai penelitian juga membuktikan kebiasaan berpikir positif dapat memperpanjang angka harapan hidup seseorang dan mengurangi risiko terjadinya berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit jantung, stroke, hingga kanker.

BACA JUGA:Begini Cara Atasi Diare saat Perjalanan Arus Balik Mudik

4. Mempercepat masa penyembuhan

Manfaat pikiran positif selanjutnya adalah membangkitkan semangat seseorang yang sedang sakit untuk lebih cepat sembuh.

Hal ini karena pikiran positif bisa membuat seseorang tidak mudah menyerah dalam melawan penyakit yang sedang dideritanya, sehingga mereka pun akan berusaha lebih kuat untuk sembuh. 

Pasien yang memiliki pikiran positif juga cenderung akan lebih patuh untuk mengonsumsi obat-obatan dan menjalani perawatan dari dokter.

BACA JUGA:Begini Cara Mengonsumsi Obat Herbal dengan Aman

5. Meningkatkan daya ingat

Seiring bertambahnya usia, kemampuan mengingat dan konsentrasi akan menurun secara alami.

Namun, kebiasaan berpikir dan bersikap positif dapat menjaga daya ingat seseorang tetap tajam, terutama pada lansia yang rentan mengalami pikun.

Meski hubungannya belum diketahui secara pasti, manfaat ini diduga karena pikiran positif akan membantu seseorang untuk lebih antusias dalam menjalani kesehariannya, sehingga mereka lebih mudah menyerap informasi dan mengingat hal yang mereka lalui sehari-hari.

Itulah 5 manfaat dari berfikir positif untuk kesehatan mental, dengan berfikir positif kita lebih bisa mengatur fokus untuk melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: