Kaur Percontohan Nasional

Kaur Percontohan Nasional

KOTA BINTUHAN, BE- Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) telah mengutus Deputi Sumberdaya Manusia (SDM) Drs KH Agusalim Dasuki M Eng, Deputi tersebut didampingi 9 Asiten Deputi (Asdep) mengunjungi dan melakukan penelitian pembangunan yang ada di Kabupaten Kaur.

Kabupaten Kaur akan dijadikan contoh pembangunan untuk daerah tertinggal secara Nasional, sehingga Deputi KPDT dan 9 Asdep yang membidangi dalam kelembagaan KPDT melakukukan pengkajian bahwa Kaur sudah layak menjadi laboratoriumnya daerah tertinggal dalam skala Nasional.

\"Kabupaten  sudah sangat siap untuk labarotorium untuk daerah tertinggal se Indonesia, karena setelah kita melihat berbagai macam pembangunan dalam aspek kehidupan sudah cukup baik. KPDT siap akan memberikan dorongan agar pembangunan ini terus dilakukan,\" ujar Deputi Drs KH Agusalim Dasuki M eng, kemarin.

Dikatakanya, salah satu daerah atau kabupaten se Indonesia yang dijadikan percontohan pembangunan dalam segala bidang  hanya satu yakni Kabupaten Kaur. Makanya KPDT akan melakukan uji coba atau sebagai labor pembangunan daerah tertinggal, ini nantinya akan bisa dicontoh oleh kabupaten tertinggal lainya yang ada di indonesia.

\"Kaur punya Boarding Schoool (Sekolah Berasrama) bidang pendidikan, kemudian punya Pondok pusaka disana akan dibagun industri, pertanian, perekonomian, pendidikan,  dan pelatihan. Lalu Taman Bineka disana dibangun seni dan budaya serta ekonomi kreatif dan dikaur juga ada Dermaga Linau dengan potensi yang sangat besar untuk menjadi pelabuhan Nasional,\" jelasnya.

Dengan demikian, kata Agussalim, sudah sangat cocok jika Kabupaten Kaur didukung oleh pihak pusat, karena semuanya aspek kehidupan yang sudah mulai dibangun itu, akan menjadi contoh bagi daerah lain. Oleh karena itu KPDT siap akan memberikan dan motivasi rencana jangka pendek dan jangka panjang pembangunan yang ada di Kaur.

\"Motivasi itu bisa jadi dana atau anggaran kemudian juga koordinasi dengan kementrian lainya, karena Kaur sudah bisa memberikan gambaran yang sangat baik dalam program dan pembangunan,\" jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kaur Dr Ir H Hermen Malik Msc didampingi Kepala Bappeda Kaur Drs Ir H Sudoto Mpd mengatakan pembangunan yang ada sekarang ini merupakan pembangunan yang dilakukan untuk menujur Kaur yang sejahtrera, kemudian juga dengan pembangunan yang sudah ada dan yang berproses bisa lebih baik. Seperti halnya pembangunan Pondok pusaka, boarding School, taman Bineka dan dermaga Linau, Semua pembangunan yang ada disana tujuanya untuk mencipatkan masyarakat yang kreatif.

\"Kita sangat mengharapkan dukungan pusat, agar pembangunan ini bisa terlaksana dan dimanfaatkan orang banyak. Sehingga bukan hanya masyarakat Kaur tetapi masyarakat indonesia,\" jelasnya.(823)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: