Mau Menghilangkan Merkuri di Wajah agar Kulit Kembali Sehat? Begini Tipsnya

Mau Menghilangkan Merkuri di Wajah agar Kulit Kembali Sehat? Begini Tipsnya

detox wajah dari merkuri adalah melakukan detoksifikasi tubuh dengan makanan sehat atau clean eating--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Produk kecantikan mulai merajalela, banyak sekali pilihannya mulai dari skincare hingga make up. Apalagi harganya yang sangat terjangkau sungguh menggiurkan, membuat banyak remaja mulai mencoba-coba.Anda yang baru pemula harus memperhatikan kandungan yang ada pada skincare maupun make up yang Anda gunakan. Jangan sampai mengandung bahan berbahaya terutama merkuri.

Jika sudah terlanjur menggunakan skincare yang berbahan dasar merkuri sebaiknya mulai berhenti. Berikut cara menghilangkan merkuri di wajah agar kulit kembali sehat dan terhindar dari masalah kulit.

BACA JUGA:Ini Dia Pilihan Supermoto yang Bisa Buat Harian Maupun Mudik

Ciri-ciri Wajah Terkena Merkuri
Sebelum masuk ke pembahasan menghilangkan merkuri, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu bagaimana sih tanda wajah yang sudah terpapar merkuri. Berikut ciri-ciri wajah terkena merkuri yang wajib Anda tahu!

1. Muncul ruam dan gatal di wajah
Salah satu cara paling mudah mendeteksi bahwa produk kosmetik yang Anda gunakan mengandung bahan kimia khususnya merkuri adalah munculnya ruam dan gatal di wajah setelah dipakai. Apalagi jika Anda memiliki kulit wajah yang sangat sensitif, setelah pemakain pasti akan muncul ruam dan kemerahan yang terasa sangat gatal. Ruam dan gatal ini akan semakin bertambah dan parah apabila Anda masih menggunakan produk ini. Memang, efeknya bisa saja tidak muncul di penggunaan pertama, namun ciri-ciri ini bisa juga muncul seiring berjalannya waktu.

2. Terjadi perubahan kulit secara instan
Ciri-ciri wajah terkena merkuri selanjutnya adalah perubahan kulit secara instan. Sesuai dengan tujuan awal dicampurkannya merkuri dalam produk kecantikan, saat menggunakannya Anda akan merasakan perubahan kulit wajah menjadi lebih putih dalam jangka waktu singkat atau bahkan beberapa kali pemakaian saja. Atau bisa dikatakan produk kosmetik dengan kandungan merkuri dapat memutihkan secara instan.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat All New Suzuki Ertiga Cruise Hybrid

3. Kulit menjadi kering dan mengelupas
Bila kulit Anda terkontaminasi kandungan raksa dalam jangka waktu yang lama, maka efek yang akan dirasakan di wajah adalah kulit yang menjadi kering. Keringnya bukan hanya karena cuaca yang panas melainkan kering yang membuat wajah menjadi kaku. Kemudian semakin lama kulit wajah Anda menjadi tipis dan terkelupas. Jika Anda merasakannya setelah menggunakan produk tertentu, maka Anda harus waspada. Karena bisa jadi produk tersebut mengandung bahan kimia yang berbahaya khususnya raksa atau merkuri.

4. Menyebabkan penuaan dini
Salah satu efek samping penggunaan produk bermerkuri adalah munculnya tanda-tanda penuaan dini lebih cepat. Merkuri jadi salah satu penyebab flek hitam di wajah bermunculan sebelum waktunya. Merkuri juga merusak elastisitas kulit membuatnya mudah kendur dan muncul garis halus.

5. Kulit wajah mengalami iritasi
Terakhir, ciri wajah yang terpapar merkuri adalah wajah yang mengalami iritasi. Iritas tersebut bisa dalam berbagai bentuk. Cirinya bisa seperti kulit yang tiba-tiba menjadi panas, atau muncul bruntusan dan jerawat yang kemudian bernanah dan masih banyak lagi. Apabila hal ini terjadi kepada Anda, maka langsung berhenti menggunakan skincare routine tersebut. Jangan lakukan ritual skincare baik itu di pagi atau malam hari untuk menghindari kondisi yang semakin parah.

BACA JUGA:Truk Batubara dan Sawit Dilarang Melintasi Jalanan Kota Selama Lebaran

Cara Menghilangkan Merkuri di Wajah
Kini Anda sudah mengetahui tanda atau ciri orang yang menggunakan merkuri. Kini saatnya mengetahui cara menghilangkan merkuri di wajah yang wajib Anda tahu. Selengkapnya berikut ini!

1. Menghentikan sementara penggunaan make up dan skincare
Saat merasakan gejala-gejala wajah yang terpapar merkuri seperti ruam pada kulit, gatal, iritasi dan kering, maka segera hentikan pemakaian make up dan skincare untuk sementara. Hindari langkah skincare routine ala Korea yang panjang dengan banyak produk selama satu hingga dua minggu. Anda mungkin tetap bisa menggunakan skincare, tetapi bisa gunakan basic skincare untuk pemula dengan produk terpercaya. Singkirkan produk yang Anda tandai sebagai penyebab masalah kulit yang ada.

2. Detoksifikasi tubuh dengan makanan sehat
Selanjutnya cara detox wajah dari merkuri adalah melakukan detoksifikasi tubuh dengan makanan sehat atau clean eating. Yaitu memakan makanan mengandung banyak serat dan vitamin. Anda bisa konsumsi banyak sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa juga diimbangi dengan minum air yang cukup. Anda bisa melakukannya sebagai salah satu bentuk dukungan tubuh melawan efek merkuri.

BACA JUGA:Pagani Huayra Roadster, Supercar Keren dan Canggih

3. Menggunakan pelembab
Selanjutnya adalah menggunakan pelembab yang dapat menenangkan kulit wajah Anda. Dengan pelembab gejala-gejala seperti kulit kering dan ruam yang sudah kering bisa sedikit-sedikit hilang. Sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

4. Memakai produk yang dapat meregenerasi kulit wajah
Selanjutnya adalah menggunakan produk yang dapat meregenerasi kulit. Sehingga lapisan kulit berganti menjadi lapisan baru sehingga lapisan terpapar merkuri bisa tergantikan. Produk ini juga bisa mengelupas sel kulit mati yang terpapar merkuri sehingga kulit lebih cepat proses penyembuhannya dan lebih halus. Anda bisa rutin menggunakannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menggunakan make up yang ringan
Terakhir setelah pulih, maka terlebih dahulu gunakan make up  ringan. Agar kulit tidak bekerja keras setelah terpapar merkuri. Gunakan make up sehari-hari yang tidak membuat kulit wajah terasa berat. Sehingga kulit bisa bernafas lebih baik.Apalagi produk make up seperti foundation yang biasanya bahannya berat dan membuat kulit wajah sulit bernafas.

BACA JUGA:Masyarakat Diimbau Tak Gunakan Motor untuk Mudik Jarak Jauh, Ini Risikonya

6. Konsultasi dengan dokter kulit
Apabila Anda menemukan kondisi kulit yang justru terus memburuk, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke dokter kulit. Dengan datang kepada yang ahli, Anda bisa memperoleh penanganan yang tepat sehingga masalah yang dihadapi menjadi lebih mudah diselesaikan.

Tidak perlu khawatir soal harga sebab saat ini akses kesehatan lebih mudah. Anda bahkan bisa memanfaatkan jaminan kesehatan seperti BPJS untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Nah, berikut di atas merupakan ciri wajah yang terkena merkuri dan cara menghilangkan merkuri di wajah agar sehat kembali. yuk mulai sekarang hindari tergiur dengan harga yang terlalu murah dan pentingkan kandungan yang terpapar kulit.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: