Anak Sakit Saat Mudik, Ini Penyebab Dan Tips Mengatasinya

Anak Sakit Saat Mudik, Ini Penyebab Dan Tips Mengatasinya

Penyebab dan tips bagaimana mengatasi anak sakit ketika tengah melakukan mudik lebaran-Pinterest -

2. Konsumsi makanan tidak sehat atau kurang bersih

Makanan siap saji dan camilan tinggi garam biasanya paling sering dikonsumsi saat mudik karena dinilai praktis dan mengenyangkan. Padahal, kedua jenis makanan tersebut rendah nutrisi dan bisa memicu konstipasi.

Konsumsi makanan atau minuman dari tempat yang kurang bersih juga memungkinkan anak mengalami diare, sebab air dan makanan tersebut berisiko terkontaminasi bakteri atau virus.

BACA JUGA:Agar Tak Mudah Mengantuk Saat Puasa, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Menu Sehat Sahur Ala Rasulullah SAW

3. Perubahan tekanan udara

Saat mudik menggunakan pesawat, anak sering mengalami nyeri di telinganya. Kondisi ini dapat terjadi karena perubahan tekanan udara di sekitar, sehinga telinga menerima tekanan yang lebih besar.

Nyeri telinga akibat tekanan udara umumnya terjadi ketika pesawat lepas landas atau mendarat, dan akan mereda atau menghilang dengan sendirinya saat sudah kembali ke daratan.

4. Terlalu lama berkendara

Terlalu lama berkendara karena harus menempuh jarak yang jauh sering menyebabkan anak mengalami mabuk perjalanan. Anak yang membaca atau bermain handphone selama perjalanan juga lebih berisiko mengalami mabuk perjalanan.

Beberapa gejala yang dapat muncul saat anak mengalami mabuk perjalanan adalah pusing, muntah, dan muntah.

BACA JUGA:Tak Perlu Khawatir Asam Lambung Naik Saat Puasa, dr Zaidul Akbar Bagikan Resep Sahur Agar Puasa Tetap Nyaman

5. Mabuk Perjalanan

Melakukan perjalanan jauh menggunakan transportasi umum, seperti bus atau mobil dapat menyebabkan seseorang mengalami mabuk perjalanan. 

Untuk mengurangi risiko tersebut, hindari membaca atau menggunakan gadget selama perjalanan dalam waktu yang lama, duduklah dengan pandangan mata lurus ke bagian depan kendaraan. 

Tips Mengatasi Anak Sakit Saat Mudik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: