Ternyata Ada Niatnya, Begini Hukum, Waktu, Dan Niat Bacaan Mandi Sebelum Shalat Eid

Ternyata Ada Niatnya, Begini Hukum, Waktu, Dan Niat Bacaan Mandi Sebelum Shalat Eid

Mandi saat Lebaran hukumnya adalah sunah. Artinya, mandi Idulfitri dianjurkan, tetapi tidak diwajibkan-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mandi menjadi salah satu persiapan sebelum melakukan shalat Idul Fitri. Hayo siapa yang tidak mandi sebelum menunaikan shalat Idul Fitri? Simak artikel berikut mengenai hukum mandi sebelum pelaksanaan shalat Eid

Hukum Mandi Sebelum Shalat Eid

Mandi Idul fitri1445 Hijriah bisa dilakukan sebelum pelaksanaan shalat Ied. Mandi saat Lebaran hukumnya adalah sunah. Artinya, mandi Idulfitri dianjurkan, tetapi tidak diwajibkan.

Idulfitri 2024 atau 1 Syawal kemungkinan akan jatuh pada mulai Selasa, 9 April 2024 petang. Dengan begitu Hari Lebaran akan dirayakan keesokan harinya atau pada Rabu, 10 April 2024.

Kementerian Agama (Kemenag) RI akan memutuskan Hari Raya umat Muslim tersebut pada hari ke-29 Ramadan 1445 Hijriah atau pada Selasa, 9 April 2024 sore.

BACA JUGA:Amalan-amalan Sunnah di Bulan Ramadhan, Pahalanya Berkali-kali Lipat Dibanding Hari Lainnya

Sementara itu, sejumlah organisasi Islam seperti Muhammadiyah sudah memutuskan Idulfitri 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada Rabu, 10 April 2024. Artinya, Selasa (9/4) malam hari sudah masuk malam lebaran.

Saat Idul fitri, umat Muslim dianjurkan melaksanakan beberapa amalan sunnah. Shalat Id yang dilaksanakan pada pagi hari menjadi salah satu yang umum diketahui masyarakat. Di luar itu, terdapat sejumlah amalan sunah lain, salah satunya adalah mandi sebelum Salat Id.

Mandi Idulfitri merupakan amalan sunah yang bisa dilaksanakan umat Muslim sebelum pelaksanaan Salat Id. Kendati begitu, mandi sunah dianjurkan bagi umat Muslim sekalipun tidak melaksanakan Salat Sunah Idulfitri.

Ketentuan sunah itu juga berlaku bagi wanita yang sedang dalam masa haid. Bahkan, anjuran ini berlaku bagi yang berhalangan menjalani Salat Id karena sakit.

Ketentuan sunah ini berdasarkan keterangan Ibnu Malik yang meriwayatkan, bahwa sahabat Nabi Muhammad Saw, Abdullah bin Umar terlebih dulu mandi keramas ketika hendak melaksanakan salat.

BACA JUGA:Agar Mendapat Ampunan di Sholat Tarawih Bulan Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Rahasianya

Waktu Terbaik Mandi Sebelum Shalat Eid 

Waktu terbaik untuk melaksanakan mandi sunah Idulfitri ialah setelah waktu fajar. Akan tetapi, juga bisa dilakukan sejak tengah malam pada Hari Raya Idulfitri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: