Begini Cara Mencegah Kolesterol Naik Cetelah Lebaran

Begini Cara Mencegah Kolesterol Naik Cetelah Lebaran

Cara mengatasi diare saat mudik-Pinterest -

Daging biasanya menjadi bahan terpenting dalam membuat masakan saat lebaran. Untuk mencegah kolesterol naik sebaiknya mengurangi konsumsi daging merah dan menggantinya dengan ikan-ikanan. 

Karena pada daging merah ini, kadar lemak jenuh nya sangat tinggi, yang tentunya dapat menyebabkan menumpuknya kolesterol dan juga lemak dalam darah, hingga dapat menimbulkan plak pada pembuluh darah. 

Sebaliknya, pada ikan-ikanan mempunyai kandungan lemak tak jenuh yang tinggi, dimana lemak tak jenuh tersebut bertugas mengikat lemak-lemak jahat dan mengirimnya ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh.

3. Konsumsi makanan yang mengandung omega-3

Omega-3 merupakan lemak tak jenuh ganda yang umumnya banyak terdapat pada makanan laut, seperti ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna, kerang, dan udang.

Mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 bisa menurunkan risikomu mengalami kolesterol tinggi setelah Lebaran, karena omega-3 mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tidak hanya itu, omega-3 juga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

BACA JUGA:Jenis Power Steering Mobil Serta Kelebihan dan Kekurangannya

5. Tetap berolahraga

Lebaran tidak menjadi alasan bagi kita untuk bermalas-malasan dalam berolahraga. Meski sedang merayakan Lebaran, sebaiknya kamu tetap menyempatkan diri untuk berolahraga. 

Pasalnya, olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menjaga tubuhmu tetap bugar, tetapi juga bisa mengurangi kadar kolesterol jahat. Dengan berolahraga, risiko meningkatnya kadar kolesterol setelah Lebaran bisa dihindari.

Nah, itulah beberapa cara mencegah kolesterol naik setelah Lebaran yang bisa kamu terapkan. Semoga membantu, ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: