Ini Dia 5 Cara Aman Mengendarai Mobil Saat Melewati Kawasan Banjir

Ini Dia 5 Cara Aman Mengendarai Mobil Saat Melewati Kawasan Banjir

Cara mengendarai mobil bagi pengendara sebelum dan sesudah menerjang banjir-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Musim penghujan biasanya akan menimbulkan banjir di mana-mana terutama di darerah yang berada di dataran rendah. 

Banjir tentu dapat menganggu segala aktivitas termasuk transportasi seperti kendaraan roda empat. Ada banyak kendala yang sering mobil alami ketika terpaksa melewati banjir. 

Namun, sebagian orang akan mempertimbangkan untuk melawati kawasan yang berdampak banjir karena berbagai alasan salah satunya dapat menyebabkan kemacetan dan mobil mogok 

Untuk itu, artikel ini akan memberikan informasi mengenai beberapa cara mengendarai mobil bagi pengendara sebelum dan sesudah menerjang banjir. Berikut diantaranya: 

BACA JUGA:Filano Hybrid-Connected Hadir Dengan Warna Baru, Berikut Spedifikasi, Keunggulan, Dan Harga Jualnya

1. Perhatikan tinggi genangan air

Hal pertama yang harus diperhatikan saat menerjang banjir menggunakan mobil adalah ketinggian air. 

Semakin tinggi genangan air, artinya semakin besar pula risiko merusak mobil Anda. Periksalah apakah jalanan masih dapat dilalui atau tidak, dengan melihat apakah ketinggian air mencapai setengah ban, walaupun mobil yang digunakan memiliki ground clearance tinggi.

Walaupun cara terbaik adalah mencari jalan alternatif lain atau menunggu surut, apabila memang harus menerabas banjir, pastikan filter udara tidak kemasukan air.

Apabila filter udara terendam, bisa menyebabkan water hammer, yaitu kondisi air masuk ke ruang pembakaran dan bisa merusak mesin.

BACA JUGA:Ini Dia Fakta Seputar Mesin Diesel, Antara Mitos dan Realitas!

2. Gunakan gir satu

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah gunakan gir satu dan mainkan kopling apabila terlalu kencang. Gelombang air yang tersibak ketika mobil melaju terlalu kencang berpotensi menyebabkan air mengenai bagian penting mobil seperti busi atau pompa bensin. Bila hal tersebut terjadi, maka bukan tidak mungkin mobil akan mogok di tengah banjir.

3. Melaju perlahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: