Begini Cara Menghilangkan Bau Apek pada Baju yang Belum Kering

Begini Cara Menghilangkan Bau Apek pada Baju yang Belum Kering

Pakaian apek, di dalamnya terperangkap kuman dan bakteri yang menyebabkannya jadi berbau tidak sedap. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menggunakan baju yang bau apek karena belum terlalu kering tentu tidak nyaman, apalagi jika Anda berada di tempat yang banyak orang di sekitar. Hal ini bisa menurunkan rasa percaya diri Anda di hadapan rekan kerja atau teman sekolah.

Apa sih penyebab bau apek pada baju yang belum kering? Bagaimana cara menghilangkannya? Artikel ini akan membahas secara lengkap kedua topik tersebut. Selengkapnya berikut ini!

Penyebab bau apek pada Baju yang Belum Kering
bau apek pada baju yang belum kering terjadi karena beberapa faktor. Penyebab umumnya tentu pertumbuhan jamur dan bakteri pada tekstil. Sementara faktor lainnya yaitu:

BACA JUGA:Resep Rendang Daging dan Ayam yang Empuk untuk Lebaran

1. Kelembaban Tinggi
Penyebab bau apek pada baju yang belum kering yang pertama adalah tingkat kelembaban yang tinggi pada pakaian tersebut. Lingkungan yang lembab tersebut memungkinkan pertumbuhan jamur dan bakteri lebih pesat sehingga bau apek lebih kuat.

2. Cucian yang Tertunda
Penyebab lainnya dari bau tidak sedap pada baju yang belum kering adalah proses mencuci yang tertunda. Setelah Anda membilas baju, Anda tidak segera menjemurnya. Hal ini membuat mikroorganisme lebi mudah berkembangbiak.

3. Sisa Residu Kotoran
Meski terlihat mudah, namun saat Anda mencuci baju harus hati-hati. Pasalnya jika kurang bersih akan ada sisa residu kotoran atau deterjen yang menempel. Sisa residu itu menjadi sumber nutrisi bagi mikroorganisme yang menyebabkan bau apek saat digunakan.

4. Penyimpanan yang Kurang Tepat
Terakhir, penyebab bau kurang sedap pada baju yang belum kering adalah penyimpanan yang kurang tepat. Sebisa mungkin jangan menyimpan baju yang masih basah di dalam lemari. Sebab kelembabannya akan terkunci dan jamur bakteri berkembang sangat pesat menyebabkan bau apek pada pakaian.

BACA JUGA:Ini Dia Resep Kue Kering untuk Lebaran, Enak dan Gak Sulit!

Cara Menghilangkan Bau Apek pada Baju yang Belum Kering
Kini Anda tak perlu khawatir jika menemukan bau apek pada baju yang belum kering. Atasi dengan 6 cara berikut ini!

1. Keringkan Otomatis di Mesin Cuci
Cara mengeringkan baju dengan cepat yang pertama bisa menggunakan Mesin Cuci. Mengeringkan secara otomatis di Mesin Cuci, termasuk ampuh karena tidak perlu khawatir meskipun sedang musim penghujan. Sebab pada Mesin Cuci, biasanya sudah dilengkapi fitur pengering otomatis agar pakaian selalu kering sempurna setelah dicuci.

Pilih Mesin Cuci yang berkualitas sehingga pakaian Anda bisa kering dengan sempurna. Rekomendasi Mesin Cuci terbaik yang hemat daya dan sudah dilengkapi pengering pakaian dengan baik agar tidak berbau apek.

2. Rendam Baju dengan Campuran Air Cuka
Cara menghilangkan bau tidak sedap pada baju yang belum kering selanjutnya adalah merendam baju dengan campuran air cuka. Ya, Anda tak salah baca. Bahan dapur cuka bisa menghempas bau apek pada pakaian Anda.  Namun demikian, penggunaan cuka dapur harus dilakukan secara tepat, sebab jika salah takaran justru dapat membuat pakaian semakin berbau tak sedap.

BACA JUGA:Ratusan Miras dan Ribuan Petasan Disita Polresta Bengkulu, Pemusnahan Usai Lebaran

Caranya mudah, campurkan sebanyak dua sendok makan cuka dengan satu sendok makan deterjen. Rendam pakaian di ember berisi air bersih menggunakan campuran bahan tersebut selama setengah jam, kemudian bilas dan jemurlah di tempat yang terkena cahaya matahari.

Manfaat cuka tak hanya untuk menghempaskan aroma tidak sedap pada baju belum kering, tetapi juga membantu membunuh jamur yang tumbuh di serat kain. Banyak sekali manfaat cuka dapur selain mengatasi bau apek, salah satunya bisa jadi cara menghilangkan noda tinta di baju.  Tidak susah mencari cuka untuk menghempaskan aroma tidak sedap pada baju. Rekomendasi cuka terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Dua Belibis Cuka Dapur 650 L. Dua Belibis Cuka Dapur 650 mL ini tak hanya bisa menghilangkan bau apek pada pakaian, melainkan bisa juga Anda gunakan untuk berbagai keperluan misalnya bumbu masak tambahan.

3. Rendam Baju dengan Air Lemon
Selanjutnya, Anda pun dapat merendam baju dengan air lemon apabila baju belum kering apek baunya. Cukup dengan satu atau dua buah lemon segar saja yang diambil airnya, Anda bisa mencuci ulang pakaian apek agar tidak bau lagi.

BACA JUGA:Berapa Takaran Beras untuk Zakat Fitrah? Berikut Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Caranya, larutkan satu gelas perasan lemon murni ukuran 250 mL bersama campuran air serta deterjen. Rendam pakaian ke dalamnya, cucilah seperti biasa. Setelah diperas, jemurlah di tempat dengan panas matahari yang sedang terik agar proses pengeringannya jadi lebih cepat. Buah lemon termasuk mudah sekali didapatkan, seperti halnya OL Jeruk Lemon Impor +/- 1 Kg dengan harga super-terjangkau ini. Tidak hanya dipakai untuk membuat aroma pakaian jadi lebih segar saja, Anda pun dapat memakainya sebagai bahan dapur maupun untuk membuat minuman segar!

4. Keringkan dengan Kipas Angin atau Hair Dryer
Cara menghilangkan bau apek pada baju yang belum kering bisa Anda keringkan dengan kipas angin atau hair dryer. Kedua benda yang biasanya ada di rumah ini bisa membantu Anda mengatasi masalah bau tidak sedap pada pakaian  Caranya mudah, cukup gantungkan pakaian pada pintu menggunakan hanger, lalu arahkan ke kipas angin dengan kecepatan sedang hingga tinggi.

Apabila Anda menggunakan hair dryer, keringkanlah seluruh bagian pakaian hingga kering menyeluruh menggunakan kecepatan tinggi dan suhu yang paling hangat agar cepat kering dan apeknya hilang. Bagi sebagian orang, pengering rambut mempunyai daya tinggi dan cenderung boros listrik, apalagi jika digunakan untuk mengeringkan pakaian di ruangan.

BACA JUGA:Ingin Itikaf di Bulan Ramadhan, Berikut Cara, Niat dan Amalan yang Bisa Diamalkan

5. Keringkan Kembali di Area Terbuka
Pakaian apek, di dalamnya terperangkap kuman dan bakteri yang menyebabkannya jadi berbau tidak sedap. Supaya bau kurang sedap tersebut hilang, cobalah menjemurnya kembali ketika matahari sedang bersinar terik atau melakukannya ketika sedang tidak hujan untuk mengangin-anginkannya.

Ketika menjemur, perhatikanlah jarak antar pakaian yang dikeringkan. Usahakan tidak bertumpuk dan terlalu rapat, sebab justru membuatnya jadi tidak kering sempurna dan gampang apek. Guna mengatasi permasalahan seperti ini, pakailah Claris Hanger Alissa 0160 agar lebih mudah saat menjemur. Pakaian pun jadi tidak bertumpuk!

BACA JUGA:Ingin Mendapatkan Malam Lailatul Qadar, Ustaz Khalid Basalmaha Sarankan Perbanyak Ibadah Ini

6. Gunakan pewangi saat mencuci baju
Terakhir, untuk mencegah baju bau kurang sedap ketika belum kering bisa dengan menggunakan pewangi pakaian yang tahan lama. Anda bisa pilih deterjen yang mengandung pewangi atau pewangi khusus. Dengan cara ini, bau tidak sedap bisa sedikit berkurang bahkan jika ia belum terlalu kering. Ingat tetaplah menyimpan di tempat yang terjangkau dengan cahaya matahari. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: