Hindari Agar Tidak Terjadi, Ini Dia Faktor Penyebab Bensin Sepeda Motor Boros

Hindari Agar Tidak  Terjadi, Ini Dia Faktor Penyebab Bensin Sepeda Motor Boros

Penyebab motor sering boros dalam konsumsi bahan bakar minyak atau BBM-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu masalah yang sering dialami oleh beberapa pengendara bermotor ialah mendapati kendaraan motor yang boros bahan bakar. Hal ini tentu dapat menggangu kenyamanan dan tentu akan menambah kebutuhan finasial .

Maka tak heran, memiliki motor dengan performa yang baik namun tetap irit bahan bakar tentu jadi keinginan setiap pengendara.

Sehingga akan memberikan pengalaman berkendara sepeda motor untuk aktivitas sehari-hari jadi lebih menyenangkan.  

Namun ada kalanya sepeda motor yang biasanya irit bahan bakar terasa jadi lebih boros, sehingga mengganggu kesenangan dalam berkendara. 

Lantas apa penyebab motor sering boros dalam konsumsi bahan bakar minyak atau BBM, berikut beberapa faktor penyebab penggunaan bahan bakar yang berlebih pada kendaraan bermotor yang dikutip dari laman astra-honda.com. 

BACA JUGA:Ini Dia Fakta Seputar Mesin Diesel, Antara Mitos dan Realitas!

Penyebab Sepeda Motor Boros dalam Konsumsi Bahan Bakar  

  • Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor adalah salah satu penyebab konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Kotoran seperti minyak dan debu yang menempel pada filter menghambat aliran udara yang masuk ke ruang bakar, akibatnya volume campuran udara dan bahan bakar menjadi tidak ideal. 

Kondisi ini membuat proses pembakaran jadi tidak sempurna sehingga banyak bahan bakar terbuang sia-sia. Karena itu, penting untuk membersihkan atau menggati filter udara secara teratur. 

  • Tekanan Angin Ban Kurang

Kondisi ban yang kekurangan angin membuat permukaan ban yang menyentuh aspal jadi lebih lebar. Akibatnya laju motor akan terhambat dan motor terasa lebih berat.

Tekanan angin yang tidak cukup menyebabkan mesin bekerja lebih keras dan akhirnya mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar.  

Oleh karena itu, penting untuk secara rutin memeriksa tekanan ban dan pastikan dalam kondisi yang sesuai dengan rekomendasi pabrik. 

BACA JUGA:Ini Dia Aksesoris Mobil yang Membuat Perjalanan Mudik Semakin Nyaman

  • Busi yang lemah

Salah satu tanda busi sudah mulai tidak layak pakai yaitu melemahnya percikan api yang menyebabkan proses pembakaran tidak mencapai hasil optimal. Akibatnya, daya gerak yang dihasilkan akan terasa lemah dan sepeda motor jadi kurang bertenaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: