Agar Pengumpulan Zakat Fitrah Lancar dan Sah, Panitia Bisa Amalkan Doa Berikut Ini

Agar Pengumpulan Zakat Fitrah Lancar dan Sah, Panitia Bisa Amalkan Doa Berikut Ini

Doa saat panitia menerima zakat fitrah-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Untuk memastikan pelaksanaan zakat fitrah di bulan Ramadan berjalan dengan teratur, biasanya beberapa pihak ditunjuk sebagai panitia zakat fitrah.

Untuk meningkatkan efektivitas dalam menjalankan tugas mereka, sebaiknya panitia zakat fitrah membaca doa yang sesuai ketika menerima zakat dari umat.

BACA JUGA:Agar Doa di Bulan Ramadhan Terkabul, Ustaz Adi Hidayat Sarankan Pakai Kalimat Ini

BACA JUGA:Saat Sahur Jangan Hanya Makan, Ustaz Adi Hidayat Sarankan Ini, Agar Doa Terkabul dan Dosa Diampuni

Zakat fitrah adalah kewajiban ibadah yang harus dipenuhi oleh umat Islam. Ia dilaksanakan selama bulan suci Ramadan dan pada awal bulan Syawal.

Tidak diperkenankan membayar zakat pada tanggal 2 Syawal dan seterusnya. Untuk memastikan kelancaran dan keabsahan pengumpulan zakat, sangat penting bagi panitia untuk membacakan doa panitia zakat fitrah.

Adapun doa yang bisa dibaca panitia zakat fitrah saat menerima zakat fitrah adalah:

طَهَّرَ اللهُ قَلْبَكَ فِي قُلُوْبِ الأَبْرَارِ وَزَكَّى عَمَلَكَ فِي عَمَلِ الأَخْيَارِ وَصَلَّى عَلَى رُوْحِكَ فِي أَرْوَاحِ الشُّهَدَاءِ

(Thahharallāhu qalbaka fī qulūbil abrār, wa zakkā ‘amalaka fī ‘amalil akhyār, wa shallā ‘alā rūhika fī arwāhis syuhadā’).

BACA JUGA:Agar Sembuh dari Sakit Gigi, Amalkan Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Berikut

BACA JUGA:Agar Terhindar dari Marabahaya, Amalkan Doa Berikut

Artinya: 

"Semoga Allah menyucikan hatimu pada hati para hamba-Nya yang abrar. Semoga Allah bersihkan amalmu pada amal para hamba-Nya yang akhyar. Semoga Allah bershalawat untuk rohmu pada roh para hamba-Nya yang syahid,".

Dalam fatwa MUI nomor 8 tahun 2011, dibahas mengenai peran dan tanggung jawab panitia zakat fitrah dalam hukum Islam. Fatwa tersebut menegaskan perbedaan antara amil zakat dan panitia zakat, serta menguraikan tugas dan tanggung jawab keduanya dalam pengelolaan zakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: