Gak Boleh Ketinggalan! Ide Dekorasi Rumah untuk Menyambut Lebaran Tahun Ini

Gak Boleh Ketinggalan! Ide Dekorasi Rumah untuk Menyambut Lebaran Tahun Ini

Lentera biasanya terbuat dari kertas dan berbentuk segi enam atau delapan dengan pola dan warna yang indah. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu persiapan penting dalam menyambut hari raya adalah ide dekorasi rumah untuk Lebaran. Bagi sebagian orang, dekorasi rumah menjadi hal yang sangat penting dalam menunjukkan keindahan pada tamu yang datang. Apalagi, Idulfitri menjadi ajang silaturahmi untuk kamu dan keluarga jauh. Sebenarnya, salah satu elemen penting dalam dekorasi rumah Lebaran adalah penggunaan aksen-aksen atau ornamen khas Lebaran.

BACA JUGA:Cerita Lebaran Masa Kecil yang Tak Terlupakan

Ada baiknya kamu memilih aksen yang simpel, tetapi tetap mengesankan dan estetik. Selain itu, pemilihan warna-warna yang khas, seperti hijau dan emas juga dapat memberikan kesan yang indah dan elegan pada dekorasi rumah.

Lantas, bagaimana ide dekorasi rumah ala Lebaran yang bisa diikuti? Ini dia caranya.

Letakkan sofa yang nyaman
Pertama-tama, pastikan kamu meletakkan sofa yang nyaman dan empuk di ruang tamu atau keluarga. Sebab, sofa bisa dijadikan sebagai tempat berkumpul sembari mengobrol para anggota keluarga. Jika sofanya nyaman, mereka pun akan nyaman untuk duduk berlama-lama. Pilih sofa berwarna netral, seperti krem atau putih.

Gunakan lentera ala Ramadan
Lentera adalah salah satu dekorasi tradisional yang sering digunakan sebagai hiasan Ramadan. Lentera biasanya terbuat dari kertas dan berbentuk segi enam atau delapan dengan pola dan warna yang indah. Lentera sering dianggap sebagai simbol cahaya dan kehangatan yang mewakilkan malam Ramadan.Lentera dapat kamu letakkan di berbagai tempat, seperti meja tamu atau digantung di ruang keluarga.

BACA JUGA:Ide Kado Lebaran Unik, Bakal Berkesan dan Tak Terlupakan!

Pakai lampu dekorasi
Untuk menciptakan nuansa hangat, tambahkan juga lampu gantung berwarna warm white. Pilih lampu yang modelnya estetik agar ruang keluarga tampak mewah.

Pasang karpet bermotif
Karpet bermotif adalah pilihan yang bagus untuk dekorasi ala lebaran karena memberikan sentuhan indah dengan nuansa khas lebaran pada ruang keluarga.Kamu bisa memilih karpet yang motifnya bunga, daun, atau geometris dan pasang di area sofa. Karpet ini juga bisa menjadi tempat duduk lesehan untuk para tamu yang datang.

Susun kue kering di meja tamu
Agar nuansa Lebaran semakin terasa, susunlah beberapa kue kering di atas meja tamu dekat sofa. Dalam menyusunnya, siapkan wadah atau nampan dan susun kue kering secara berkelompok. Untuk mempercantik dan menambahkan variasi, tambahkan vas bunga kecil di tengah-tengah meja tamu.

BACA JUGA:Jangan Panik Haid saat Mudik! Ini Cara Menjaga Miss V Tetap Bersih

Hias dinding
Dinding yang masih kosong memang akan terlihat membosankan. Jadi, kamu bisa menghias dindingnya dengan menempelkan stiker khas Ramadan dan Lebaran. Namun, pastikan stikernya tidak akan merusak permukaan dinding.

Gantung hiasan ala ketupat
Ketupat adalah simbol khas lebaran yang dapat dijadikan hiasan di rumah. Jika ingin membuatnya, kamu hanya perlu menyiapkan kertas origami berwarna kuning dan hijau.Kemudian, lipat setiap lembar kertas origami menjadi segitiga sama sisi. Setelah itu, lipat kembali menjadi bentuk segitiga setengah dan tekan agar rapi.

Gabungkan tiga segitiga menjadi satu ketupat, dan ulang cara ini pada beberapa kertas hingga kamu mendapatkan jumlah yang diinginkan. Jika sudah, pasang hiasan di atas meja, dinding, atau yang lainnya.

BACA JUGA:Jangan Ada yang Lupa! Ini Dia Persiapan Mudik Naik Motor

Dekorasi meja makan
Terakhir, kamu bisa mendekorasi meja makan untuk menyajikan makanan khas Lebaran. Manfaatkan wadah saji dengan tutup untuk menyimpan ketupat, opor, rendang, dan makanan berat lainnya. Kemudian, susun secara horizontal. Siapkan juga piring, sendok, garpu, dan mangkuk agar para tamu bisa menyantap hidangan yang sudah disediakan. Itulah delapan ide dekorasi rumah untuk Lebaran yang mudah diterapkan. Tertarik untuk mencoba?(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: