Mencegah Kolesterol Naik saat Lebaran? Begini Cara Ampuh yang Bisa Dicoba!

Mencegah Kolesterol Naik saat Lebaran? Begini Cara Ampuh yang Bisa Dicoba!

Untuk menurunkan kolesterol dan mencegahnya naik saat lebaran, usahakan untuk mengurangi makanan berlemak--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Makanan khas lebaran yang kaya akan lemak dan santan dapat menjadi penyebab naiknya kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh karena itu, saat lebaran, kolesterol bisa naik karena mengonsumsi makanan berlemak dan bersantan. Lalu, bagaimana cara mencegah kolesterol naik saat lebaran? Yuk, simak!

Penyebab kolesterol naik
Tubuh secara alami menghasilkan kolesterol, termasuk kolesterol jahat yang tidak dibutuhkan dalam jumlah banyak. Gaya hidup yang tidak sehat akan membuat tubuh memproduksi kolesterol jahat lebih banyak dari yang dibutuhkan. Ini adalah penyebab kolesterol jahat naik bagi kebanyakan orang.

BACA JUGA:Ide Kado Lebaran Unik, Bakal Berkesan dan Tak Terlupakan!

Perilaku berikut juga dapat menjadi penyebab kolesterol naik, yaitu:
- Pola makan yang tidak sehat
- Kurangnya aktivitas fisik
- Merokok atau paparan asap tembakau
- Kelebihan berat badan atau obesitas

Banyak orang tidak mengetahui bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi karena tidak ada gejala. Kolesterol tinggi hanya dapat dideteksi melalui tes darah. Jika kamu memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau penyakit jantung di usia muda, segera konsultasi dengan dokter.

Cara mencegah kolesterol naik saat lebaran
Jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kolesterol naik saat lebaran, berikut di antaranya:

BACA JUGA:Jangan Panik Haid saat Mudik! Ini Cara Menjaga Miss V Tetap Bersih

1. Kurangi makanan berlemak
Untuk menurunkan kolesterol dan mencegahnya naik saat lebaran, usahakan untuk mengurangi makanan berlemak, terutama makanan yang mengandung lemak trans dan jenuh karena penelitian menunjukkan bahwa lemak tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Lemak jenuh biasanya ditemukan dalam produk hewani, seperti daging dan susu, minyak kelapa sawit, hingga minyak kelapa, sedangkan lemak trans ditemukan dalam makanan ringan dan gorengan.

2. Ganti lemak jenuh dengan lemak yang lebih sehat
Cobalah mengganti makanan yang mengandung lemak jenuh dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Misalnya, kurangi konsumsi mentega dan krim.

BACA JUGA:Ide Hiasan Meja Lebaran, Bikin Suasana Lebih Hangat dan Estetik

3. Berhenti merokok
Lebaran adalah waktu libur yang cukup panjang dan bisa menjadi pemicu kamu untuk merokok dengan berlebihan. Merokok dapat meningkatkan kolesterol jahat dan meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, hingga kanker.

4. Makan lebih banyak serat

Serat dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam darah, memperlambat pencernaan, hingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Meski sedang lebaran, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur yang cukup untuk menetralisir kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

BACA JUGA:Ini Dia Daftar Merek Ban Mobil yang Bagus dan Tahan Lama

5. Tingkatkan aktivitas fisik
Aktivitas fisik meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Cobalah untuk tetap berolahraga saat lebaran, seperti berjalan cepat, berlari, atau melakukan lompat tali. Itulah penyebab kolesterol naik dan cara mencegah kolesterol naik saat lebaran yang bisa kamu lakukan. Tertarik untuk mencobanya? Semoga kamu bisa menikmati lebaran dengan nyaman dan tetap sehat!(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: