Tradisi Lebaran di Indonesia, Unik dan Meriah Setiap Tahunnya!

Tradisi Lebaran di Indonesia, Unik dan Meriah Setiap Tahunnya!

THR kerap dibagikan kepada sanak saudara yang lebih muda.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Hari raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 Syawal memang menyajikan kenangan tersendiri yang sangat terpatri bagi setiap muslim yang merayakannya. Ada banyak tradisi unik di setiap daerah atau tradisi umum yang hampir semua orang mengalaminya di tempat masing-masing. tradisi tersebut menjadi hal yang terlupakan saat lebaran.

tradisi lebaran di Indonesia bisa menjadi salah satu kegiatan yang paling tidak dapat dilupakan karena biasanya akan dilakukan setiap tahunnya pada saat lebaran. lebaran akan semakin meriah dan menyenangkan ketika tradisi ini terus dilakukan. Apa saja jenis tradisi yang hingga kini menjadikan lebaran semakin ramai dan meriah? Yuk simak daftarnya!

BACA JUGA:Manfaat Mangga Muda untuk Ibu Hamil, Atasi Morning Sickness

Tradisi lebaran di Indonesia dan daerah
Tradisi lebaran di Indonesia memang unik dan sangat meriah. Ada banyak kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya sehingga menjadikan momen lebaran tidak terlupakan. Ada tradisi yang hampir dilakukan disemua daerah, namun ada juga yang hanya dilakukan pada daerah tertentu saja. Yuk simak apa saja bentuk tradisi yang tak terlupakan ini, Yoonies!

1. Ketupat
Tradisi lebaran di Indonesia yang tidak pernah terlewat dan hampir semua daerah familiar dengan tradisi ini yaitu memasak ketupat saat lebaran. Ketupat merupakan panganan yang berbahan dasar besar yang dibuat dari anyaman janur atau daun kelapa muda.

Konon asal katanya yaitu dari kupat yang artinya ngaku lepat atau megakui kesalahan dan juga laku papat atau empat tinddakan dimana artinya adalah melimpahi, melebur dosa, pintu ampunan yang terbuka lebar dan menyucikan diri. Ketupat kerap disajikan bersama dengan hidangan khas lebaran lain seperti opor, sambal goreng kentang dan lauk lain. Ketupat juga sebagai hidangan yang hampir selalu ada dalam  rumah keluarga muslim saat merayakan Idul Fitri.

BACA JUGA:Bolehkah Membatalkan Puasa Saat Mudik? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

2. Mudik
Siapa yang pernah mudik ke kampung halaman? Rasanya memang setiap lebaran tak lengkap jika belum mudik. Mudik sendiri biasanya dilakukan saat seseorang atau keluarga telah merantau ke luar kota dan mempunyai keluarga besar di kampung halaman. Mudik akan membawa kamu bertemu keluarga besar tersayang saat lebaran.

3. Ziarah ke makam
Ada beberapa daerah yang sering menerapkan tradisi untuk berkunjung ke makam keluarga yang telah tiada dan berdoa disana. Pada momen ini ada banyak tujuan yang ingin dilakukan, salah satunya yaitu mengingatkan bahwa kematian akan datang kapan saja sehingga menjadi cara untuk terus meningkatkan iman dan kualitas hidup masing-masing.

4. THR
Tradisi lebaran di Indonesia yang tak kalah popular pada hari raya adalah tunjangan hari raya atau THR. THR kerap dibagikan kepada sanak saudara yang lebih muda. THR juga sesuatu yang sangat ditunggu anak-anak pada hari lebaran.

BACA JUGA:Mobil Listrik Vinfast VF e34, Siap Saingi BYD!

5. Takbir keliling
Setelah 1 bulan lamanya berpuasa di bulan ramadhan, saat datang hari raya maka umat di seluruh dunia akan merayakan hari kemenangan dengan melakukan takbir keliling di malam hari raya. Kumandang takbir biasanya akan terdengar di berbagai pelosok dan dirayakan dengan sukacita. Takbir keliling bisa dilakukan dengan berjalan bersama-sama. Mereka biasanya berkeliling sambil membawa obor atau berkendara dengan tetap mengumandangkan takbir.

6. Berkirim makanan
Salah satu tradisi yang cukup kental di masyarakat adalah berbagi makanan kepada saudara atau tetangga. Umumnya berbagi makanan ini dilakukan sehari sebelum lebaran agar memastikan tetangga atau saudaranya dapat merayakan lebaran dengan sukacita. Pada moment ini tali persaudaraan juga akan semakin erat terjalin sesama saudara.

7. Halal bi halal
Tradisi yang hampir ada di semua daerah ini memang sangat menyenangkan karena memberikan waktu untuk berkumpul bersama dengan keluarga besar dan orang-orang tercinta. Masyarakat akan saling mendatangi saudaranya dan bermaafan akan kesalahan yang dilakukan.

8. Tradisi serba baru
Tradisi lebaran di Indonesia yang mungkin selalu dinantikan anak-anak adalah saat mereka mendapat baju baru untuk merayakan hari raya. Banyak toko pakaian yang akan ramai dikunjungi pembeli karena hampir semua orang ingin memakai pakaian terbaik di hari raya Idul Fitri.

BACA JUGA:Umat Kristiani Wajib Tahu! Ini Dia Pengertian dan Sejarah Paskah

9. Grebeg Syawal Khas Yogyakarta
Salah satu budaya kental yang masih dilakukan di kesultanan Yogyakarta adalah tradisi grebeg Syawal yang dilakukan pada tanggal 1 Syawal atau hari lebaran. Simbol sedekah berupa gunungan yang diberikan sultan akan diarak di tengah masyarakat diberikan kepada mereka.

10. Meugang di Aceh
Tradisi meugang awalnya sering dilakukan di Aceh namun saat ini juga tradisi membuat makanan dari daging sehari sebelum lebaran ini banyak dilakukan di daerah lain dengan nama-nama yang berbeda. Tradisi ini di aceh berawal dari warisan sultan iskandar muda dimana tujuannya adalah berbagai kepada masyarakat duafa dan anak yatim.

11. Bakar Gunung Khas Bengkulu
Untuk tradisi daerah yang dilakukan pada hari raya salah satunya adalah bakar gunungan yang dilakukan di Bengkulu. Pada malam takbiran ini aka nada batok kelapa yang dibakar oleh masyarakat dimana batok ini akan dibuat menyerupai sate.Tujuannya yaitu agar keluarga yang telah berpulang dapat diberikan ketenangan dan wujud syukur kepada allah.

12. Meriam Karbit dari Pontianak
Tradisi lebaran di Indonesia yang cukup unik dilakukan di Pontianak adalah membuat meriam besar dimana meriam akan dinyalakan sebagai perayaan malam takbiran. Masyarakat akan berkumpul dan menyaksikan meriam dinyalakan pada malam menjelang lebaran.

BACA JUGA:Kopi dan Teh Tak Dianjurkan Diminum Saat Sahur, dr Zaidul Akbar Jelaskan Alasannya

13. Pukul Sapu Maluku
Banyak tradisi unik yang mungkin belum diketahui masyarakat pada umumnya, salah satunya tradisi pukul sapu yang terdapat di maluku. Tradisi ini adalah pertemuan 2 kelompok pemuda yang akan saling memukul sapu yang dibuat dari pohon enau. Tradisi ini merupakan cara untuk merekatkan persaudaraan di antara masyarakat desa tersebut.

14. Binarundak Sulawesi Utara
Tradisi lebaran di Indonesia yang khusus dilakukan di Sulawesi Utara adalah makan nasi jaha yang terletak dalam bamboo bakar dan dibakar dengan serabut kelapa. Nasi ini merupakan campuran dari santan, jahe dan beras ketan.

15. Tellasan Topak Madura
Pernah tau ada tradisi bernama tellasan di madura? Tradisi lebaran di Indonesia yang unik ini dilakukan pada hari ketujuh lebaran dengan membuat acara makan ketupat bersama.Biasanya perempuan akan membawa makanan dan diantarkan ke orang yang lebih tua dengan cara meletakkan makanan atau nampan diatas kepala.

BACA JUGA: Wajib Tahu! Ini Dia Pentingnya Asuransi Kendaraan Bermotor

Itu tadi beberapa tradisi khas yang ada saat lebaran di Indonesia. Sangat beragam ya tradisi lebaran di Indonesia. Masing-masing tradisi tentu mempunyai makna dan arti tersendiri dalam merayakan hari lebaran dengan suka cita. Yang mana tradisi yang sering kamu lakukan? (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: