Apakah Muncul Flek Karena KB Dapat Membatalkan Puasa dan Sholat? Simak Pembahasannya

Apakah Muncul Flek Karena KB Dapat Membatalkan Puasa dan Sholat? Simak Pembahasannya

Flek atau darah yang keluar karena penggunaan KB hormonal disebut sebagai istihadhah-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu yang menjadi kekhawatiran para ibu-ibu selama ramadhan adalah munculnya flek yang terjadi akibat penggunaan KB. 

Kondisi ini merupakan kondisi di mana terjadi perdarahan ringan atau bercak darah pada vagina setelah menggunakan alat kontrasepsi, seperti suntik KB.

Hal ini umumnya disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang diakibatkan oleh kandungan hormon dalam KB, seperti progesteron atau progestin.

Flek karena KB dapat terjadi pada beberapa tahap penggunaan KB, terutama pada awal pemakaian atau ketika tubuh sedang beradaptasi dengan hormon tambahan yang masuk. Seringkali, flek karena KB akan berkurang atau berhenti dengan sendirinya seiring waktu.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa flek juga bisa menjadi gejala dari kondisi medis lain atau efek samping dari penggunaan KB yang tidak cocok dengan tubuh seseorang.

BACA JUGA:Agar Kuat Puasa Ramadhan, Termasuk untuk Ibu Menyusui, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Jika flek terjadi secara terus-menerus atau disertai dengan gejala yang mengganggu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau dokter kandungan.

Lantas, saat mengalami flek karena KB bolehkah puasa dan shalat? Artikel ini akan memberikan penjelasan lebih jelas mengenai permasalahan yang sering menjadi pertanyaan para ibu-ibu yang ada di rumah. Yuk, simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Apakah Flek Karena KB Boleh Puasa dan Sholat?

Sebelum menjawab flek karena KB bolehkan puasa dan shalat atau haid karena KB bolehkah puasa, terlebih dahulu harus memahami bahwa flek karena KB bukanlah termasuk menstruasi.

Sel telur pada akseptor KB hormonal cenderung tidak mengalami pematangan, sehingga darah yang keluar tidak dapat dianggap sebagai menstruasi.

Dalam beberapa penelitian, flek atau darah yang keluar karena penggunaan KB hormonal disebut sebagai istihadhah.

BACA JUGA:Apa Penyebab Terjadinya Sariawan Saat Puasa dan Bagaimana Cara Pencegahannya

Pasalnya darah yang keluar karena penggunaan KB bukanlah hasil dari peluruhan sel telur matang dan tidak terjadi pembuahan oleh sperma, seperti yang terjadi pada menstruasi normal. Lalu, apakah flek karena KB bolehkah shalat dan puasa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: