Ini Alasan Penderita Batu Ginjal Tak Disarankan Berpuasa

Ini Alasan Penderita Batu Ginjal Tak Disarankan Berpuasa

Salah satu penyakit yang tidak disarankan untuk melakukan ibadah puasa adalah penderita batu ginjal-freepik.com -

BENGKULUESPRESS.COM - Salah satu penyakit yang tidak disarankan untuk melakukan ibadah puasa adalah penderita batu ginjal

Namun, sebagian berpendapat berpuasa untuk penderita batu ginjal dapat dilakukan selama dokter telah memberikan izin, serta asupan makanan dan minuman diperhatikan sewaktu berbuka dan sahur. 

Oleh karena itu artikel  ini akan menjelaskan mengenai cara aman puasa bagi penderita batu ginjal yang dikutip dari laman tirto.id. Yuk, simak ulasannya bersama. 

Batu ginjal (nefrolitiasis dan urolitiasis) merupakan penyakit yang disebabkan endapan keras dari mineral dan garam di dalam ginjal. Beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menjadi penderita batu ginjal sebagai berikut:

BACA JUGA:Agar Kuat Puasa Ramadhan, Termasuk untuk Ibu Menyusui, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

  • Minum air terlalu sedikit
  • Terlalu banyak atau terlalu sedikit berolahraga
  • Obesitas (kelebihan berat badan)
  • Operasi penurunan berat badan
  • Mengonsumsi makanan tinggi garam atau gula terlalu banyak.

Secara biologis, batu ginjal dapat terbentuk ketika kandungan pembentuk kristal seperti kalsium, oksalat, dan asam urat lebih banyak daripada daripada jumlah yang mampu diencerkan urine.

Di samping itu, ketidakmampuan urine dalam mengencerkan juga dapat disebabkan kekurangan zat yang mencegah pembentukan kristal.

BACA JUGA:Begini Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan untuk Bayi dalam Kandungan

Bolehkah Penderita Batu Ginjal Berpuasa?

Boleh atau tidaknya seorang pasien batu ginjal berpuasa ditentukan dari kondisi yang dimiliki. Cara untuk mengetahui kondisi tersebut adalah melalui pemeriksaan dokter urologi.

Maka dari itu, pasien batu ginjal sebelum melaksanakan puasa harus berkoordinasi dengan dokter. Tindakan tanpa sepengetahuan dokter, dapat menyebabkan keadaan penyakit batu ginjal menjadi semakin parah.

Dengarkan saran dari dokter mengenai izin diperbolehkan atau tidak untuk berpuasa. Apabila diizinkan menunaikan ibadah puasa, pastikan untuk bertanya mengenai berbagai hal yang harus dilakukan dan dihindari.

Di sisi lain, berikut ini beberapa manfaat puasa bagi kesehatan ginjal:

Puasa meningkat proses metabolisme yang terjadi pada ginjal, manfaat lain untuk penderita batu ginjal saat puasa adalah menurunkan risiko gangguan ginjal yang disebabkan berat badan, kadar stres oksidatif, kadar antioksidan, hingga tekanan darah tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: