Benarkah Puasa Pengaruhi Kesuburan Wanita? Simak Ulasan Berikut

Benarkah Puasa Pengaruhi Kesuburan Wanita? Simak Ulasan Berikut

Kesuburan merupakan hal terpenting bagi para perempuan-freepik.com -

Untuk melurusakan anggapan ini, kamu harus tahu bahwa diet yang dimaksud  berkaitan dengan kesuburan adalah jika kamu atau pasangan mengalami malnutrisi berat atau kekurangan zat-zat gizi yang berperan dalam kesuburan, misalnya kurangnya asam folat, vitamin D, vitamin B12, hingga sumber antioksidan.

Selain itu, walaupun frekuensi makan terlihat berkurang, jika sahur dan buka puasa dilakukan dengan tepat, hal ini tidak akan memengaruhi kesuburan.

Puasa justru memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya bisa membantu proses autofagi yang baik untuk membuang sel-sel tubuh yang rusak serta menggantinya dengan sel-sel sehat, serta menjaga kesuburan jika dilakukan dengan baik dan benar.

BACA JUGA:Mengapa Saat Puasa Kita Mudah Sembelit? Hindari Makanan Dan Minuman Penyebab Sembelit Saat Puasa

Pola Hidup Sehat Saat Puasa

Agar tubuh tetap sehat dan kesuburan tidak terganggu, kamu bisa menerapkan beberapa pola hidup sehat selama berpuasa di bawah ini:

  • Pilih menu sahur dan berbuka puasa dengan makanan bernutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, ikan, daging, atau telur
  • Minum 4 gelas air putih saat sahur serta 4 gelas air putih setelah berbuka puasa dan sebelum tidur untuk mencukupi kebutuhan cairan
  • Tetap lakukan olahraga intensitas rendah, misalnya naik-turun tangga, berjalan kaki, atau yoga
  • Hindari berbuka puasa dengan makan berlebihan
  • Konsumsi multivitamin bila perlu untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh

Bagaimana menurutmu, sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana hubungan antara puasa dan kesuburan. Tidak perlu khawatir jika menjalani puasa akan mempengaruhi kesuburan. 

BACA JUGA:Golongan Orang-orang yang Celaka di Bulan Ramadhan, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Ciri-cirinya

Sejatinya hal hal yang memperngaruhi kesuburan adalah pola hidup kita. Jika menjalankan pola hidup dengan tepat, maka saat menjalani puasapun tidak akan memengaruhi tingkat kesuburan dan justru bisa membuatmu bisa cepat hamil. Semoga membantu ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: