Dempo Xler Menyatakan Maju Pilgub Bengkulu Jalur Independen

Dempo Xler Menyatakan Maju Pilgub Bengkulu Jalur Independen

Dempo Xler-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dempo Xler, nama yang tidak asing lagi bagi masyarakat Bengkulu. Kini menyatakan niatnya, maju dalam kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu tahun 2024, jalur independen.

Pemuda kelahiran Desa Gajah Mati Kabupaten Bengkulu Tengah, 1 April 1986 itu sudah melalui lalang dalam dunia politik.

Perjalanan politik penuh prestasi itu, tidak lepas dari latar belakangnya sebagai seorang aktivis mahasiswa yang berdedikasi.

Mengawali karirnya sebagai seorang mahasiswa. Dempo Xler telah membuktikan bakat kepemimpinannya dengan menjadi Presiden Mahasiswa (Presma) UNIB pada tahun 2007. Tidak hanya itu, ia juga aktif dalam kepengurusan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bengkulu pada tahun 2008. Jiwa kepemimpinan dan hobinya berorganisasi terus terjaga hingga Dempo menyelesaikan kuliahnya.

BACA JUGA:Dampak Putusan MK Nomor 02/PUU-XXI/2023, Apakah Rohidin Mersyah Tak Bisa Maju Jadi Cagub?

Perjalanan karirnya pun semakin menanjak ketika pada tahun 2013, Dempo Xler dipercaya sebagai Ketua Komisi Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bengkulu. Kemudian, momentum keberhasilannya terus berlanjut dengan terpilihnya Dempo sebagai Ketua Barisan Muda (BM) PAN Provinsi Bengkulu pada tahun 2016 lalu. Pada tahun yang sama dia juga menjadi pendiri Yayasan Wahana Muda Indonesia (WMI) di Jakarta.

Semangat aktivisnya tidak berhenti disitu saja. Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019, Dempo Xler terpilih sebagai Anggota DPRD Provinsi Bengkulu.

Selama menjadi wakil rakyat dari dapil Kota Bengkulu, Dempo Xler terus mendedikasikan dirinya untuk masyarakat.

Jiwa kritis aktivisnya, terus ditanamkan sebagai wakil rakyat. Kepiawaiannya memperjuangkan aspirasi masyarakat, Dempo Xler dipercayai memegang komando sebagai Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu pada tahun 2021. Urusan kesehatan, pendidikan, sosial, ketenagakerjaan menjadi fokus ia soroti.

Salah satu capaian gemilangnya, Dempo berhasil memperjuangkan program BPJS gratis melalui anggaran pajak rokok saat menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu. Tidak hanya itu, Dempo juga berhasil memperjuangkan Balai Pelatihan Kerja (BLK) menjadi Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) berskala nasional.

BACA JUGA:Keputusan Pleno KPU, Ini Dia 4 Anggota DPD RI Dapil Bengkulu Periode 2024-2029  

Dinilai berhasil memegang Ketua Komisi IV, Dempo Xler kembali dipercaya sebagai Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu pada awal tahun 2022. Urusan hukum, birokrasi, pemerintahan desa, kesejahteraan masyarakat dipikulnya hingga saat ini.

Sebagai Ketua Komisi I, Dempo Xler juga aktif berkeliling di 600 lebih desa dan kelurahan di Provinsi Bengkulu. Dempo hadir untuk menyelesaikan persoalan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Tidak hanya itu, dari 45 anggota DPRD Provinsi Bengkulu saat ini, Dempo merupakan anggota DPRD Provinsi Bengkulu satu-satunya yang sering diundang ke Universitas untuk mengisi dialog dari berbagai isu daerah maupun nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: